Rabu, 11 Desember 2019

KPU Jabar Rilis Hasil Hitung Manual Sementara Paling Cepat Kamis Pagi

- 17 April 2019, 20:56 WIB
KETUA KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok/OKKY ARDIANSYAH/PR

BANDUNG, (PR).- Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok menyatakan bahwa KPU Jabar belum dapat segera merilis hasil hitung manual Pemilu 2019. KPU Jabar masih menunggu hasil penghitungan di semua tingkat pemilihan.

"Penghitungan suara sudah mulai dari pukul 13:00 WIB dan mulai dari Pilpres, lalu DPR RI, dan tingkat selanjutnya. Berarti kemungkinan bisa selesai (Rabu 17 April 2019) tengah malam atau (Kamis 19 April) dini hari," kata Rifqi Ali Mubarok di kantor KPU Jabar, di Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu 17 April 2019.

Menurut dia, penghitungan di satu daerah pemilihan membutuhkan waktu rata-rata 4 jam. Maka, rilis hasil hitung manual kali ini tergolong lama.

"Empat jam untuk satu jenis pemilihan, dikali 5 (jenis), berarti 20 jam," katanya.

Meski demikian, kata Rifqi Ali Mubarok, KPU Jabar akan secepatnya merilis hasil hitung manual secepatnya. Ketika berkas C1 sudah sampai, KPU Jabar bakal langsung mengumumkannya. Dia menekankan bahwa hasil hitung manual merupakan hasil sementara, bukan hasil final.

"Kita masih menunggu selesai dari TPS, ketika hasil C1-nya sudah selesai, baru kita mulai real qount tapi bersifat sementara," katanya.

"Jam berapapun selesainya, tetep kita pasti mulai proses penghitungan secara elektronik. Tapi, ini cuma memberikan informasi cepat saja, bukan resmi," kata dia.

Sementara untuk hasil final, KPU Jabar harus kembali menghitung suara secara manual. Hal itu dilakukan untul mencocokkan hasil penghitungan dengan berkas C1.***



Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X