Rabu, 11 Desember 2019

Masyarakat Antusias Mencoblos, Tapi Bingung Menentukan Pilihan

- 17 April 2019, 15:47 WIB
ANTUSIASME masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya tak dibarengi dengan kejelasan sosok calon legislatif yang harus mereka pilih.*/ RIRIN NUR FEBRIANI/ PR

CIMAHI, (PR).- Masyarakat antusias dalam menyalurkan hak pilih pada Pemilu Serentak 2019, Rabu 17 April 2019. Namun, kurang dikenalnya sosok para calon wakil rakyat itu membuat warga bingung menjatuhkan pilihan, terlebih tidak adanya foto di surat suara yang dicoblos.

Seperti pantauan di kompleks Taman Mutiara RW 16 Kel. Karang Mekar Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Di kawasan permukiman tersebut terdapat 1.006 pemilih yang tersebar di 4 tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut Sekretaris RW 16 Harjadi (75), warga pemilih lebih hapal soal calon presiden dibanding calon anggota legislatif. "Pengakuan masyarakat, kampanye caleg ketutup sama presiden. Sehingga masyarakat pada kurang kenal sosok caleg, terlebih surat suara tidak ada foto," ujarnya.

Dia mengatakan, tidak ada sosialisasi tata cara pemilu ke kawasan tersebut. "Enggak ada ke warga sosialisasinya, paling dari warga sini yang memang caleg. Dari KPU juga enggak ada," ucapnya.

Meski demikian, diakui antusiasme masyarakat menyalurkan hak pilih terbilang tinggi. "Masyarakat proaktif. Tapi ya itu, karena enggak ada fotonya jadi bingung saat buka surat suara yang banyak itu, saya saja bingung," tuturnya.

Ketua DPD P-Golkar Kota Cimahi Ali Hasan, mengatakan, masyarakat berharap pemilu kali ini menjadi acuan untuk perbaikan ke depan. "Karena masih banyak yang bingung saat berada di bilik suara. Kecuali memilih presiden karena ada foto calonnya dan sudah mereka kenali. Sedangkan, foto caleg tidak ada. Minimal kalau ada foto di surat suara warga tidak bingung memilih karena hapal wajah caleg," jelasnya.

Pihaknya berharap ada perbaikan penyelenggaraan Pemilu di tahun mendatang. "Agar pilihan masyarakat benar- benar pas karena memang dikenali," katanya. ***



Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

X