Minggu, 15 Desember 2019

2 Rumah di Kecamatan Paseh Rusak Berat Akibat Tanah Longsor

- 27 Maret 2019, 18:44 WIB
TEMBOK bagian belakang rumah Sulaeman (51) di RT 01/04, Desa Sindangsari, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, tampak jebol, Rabu, 27 Maret 2019. Kerusakan rumah Sulaeman dan tetangganya Lia (39), terjadi akibat tanah longsor pascahujan deras Selasa, 26 Maret 2019 petang.*/HANDRI HANDRIANSYAH/PR

SOREANG, (PR).- Hujan deras yang terjadi sejak siang, mengakibatkan tanah longsor di RT 01/04, Desa Sindangsari, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Selasa, 26 Maret 2019 petang. Kejadian itu berdampak rusaknya dua rumah milik warga.

Warga yang menjadi korban Sulaeman (51) mengatakan, hujan pada Selasa siang sangat deras mengguyur lingkungannya. "Sekitar pukul 16.00 WIB, hujan deras menyebabkan tanah di belakang rumah saya ambrol," ujarnya saat ditemui Rabu, 27 Maret 2019.

Sulaeman menambahkan, longsoran tanah tersebut menghantam bagian belakang rumahnya sampai jebol. Selain itu, longsoran juga masuk ke dalam rumah dan merusak sejumlah perabotan dan peralatan dapur miliknya.

Menurutnya, tebing kecil di belakang rumahnya itu sebenarnya memiliki penahan tanah. Namun penahan tanah tersebut rusak akibat tergerus aliran air hujan yang deras.

Saat kejadian, Sulaeman sendiri mengaku tengah berada di GOR desa saat kejadian. Begitu pula sang istri masih berada di sekolah tempat mereka bekerja sebagai penjaga. Awalnya ia sempat khawatir saat mendapat informasi dari sang anak yang tengah berada di rumah. Namun beruntung anaknya tidak mengalami luka sedikit pun.

Sementara itu korban lain, Lia Herlina (39) mengatakan, longsoran tanah yang menimpa rumah Sulaeman merupakan bagian dari lahan yang menjadi tempat berdiri rumahnya. Saat tanah tersebut longsor dan menimpa bagian belakang rumah Sulaeman, bagian dapur, kamar mandi dan teras rumah Lia justru hampir roboh karena tak lagi memiliki pijakan.

"Awalnya saya tidak tahu persis kejadiannya dan anak-anak saya pun sedang tidur. Tiba-tiba saja ada suara keras dan saya melihat bagian belakang rumah hampir roboh karena tanahnya longsor menimpa rumah Pak Sulaeman," tutur Lia.

Longsoran tanah tersebut juga membuat tembok beberapa bagian lain di rumah Lia mengalami keretakan. Sama seperti keluarga Sulaeman, Lia dan keluarga pun kini terpaksa mengungsi sementara ke rumah saudara mereka.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Sudrajat membenarkan adanya kejadian tanah longsor tersebut. "Kami menerima laporan dari pihak Kecamatan Paseh bahwa telah terjadi tanah longsor di Desa Sindangsari yang mengakibatkan dua rumah warga rusak berat," ujarnya.


Halaman:

Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X