Senin, 30 Maret 2020

Kampus Masa Kini Juga Perlu Terlihat Instagramable

- 13 Maret 2019, 18:05 WIB
CHAIRPERSON of UI GreenMetric Universitas Indonesia Riri Fitri Sari menyampaikan pemaparannya pada acara National Workshop on Environmental Suistainability di Gedung Sebatik Telkom University di jalan Terusan Buah Batu, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Rabu, 13 Maret 2019.*/ADE MAMAD/PR

 

BANDUNG, (PR).- Kampus yang menyenangkan akan mendorong semangat mahasiswa untuk belajar. Dan ukuran tempat yang menyenangkan bagi pelajar masa kini adalah suasana gedung kampus yang Instagramable, serta ramah lingkungan.

Ini yang kemudian mendorong Universitas Indonesia berinovasi dengan UI GreenMetric. Pengukuran ini akan mendorong lebih banyak perguruan tinggi untuk berkomitmen mengelola lingkungan kampusnya.

Adalah pimpinan perguruan tinggi yang jadi kunci keberhasilan komitmen ini. Kebijakan demi kebijakan dibuat demi menghasilkan lingkungan kampus yang berkelanjutan.

UI GreenMetric merupakan inovasi Universitas Indonesia sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Pemeringkatan ini sudah dilakukan sejak 10 tahun lalu. Saat ini 718 universitas dari 81 negara di dunia telah ikut serta. Sementara di Indonesia, 66 perguruan tinggi telah berpertisipasi.

loading...

Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari menjelaskan, pemeringkatan ini didasarkan pada enam parameter, yaitu setting dan infrastruktur kampus, energi dan perubahan iklim, pengelolaan sampah, penggunaan air, transportasi yang ramah lingkungan, dan pendidikan terkait penelitian bertema lingkungan hidup.

"Sekarang ini yang dicari kampus yang Instagramable. Perlunya kampus yang bagus. Intinya membangun tempat yang menyenangkan untuk belajar," kata Riri saat berbicara di National Workshop on Environmental Sustainability di Telkom University, Rabu, 13 Maret 2019. Acara ini dihadiri oleh 44 perguruan tinggi, termasuk tim dan pelaksana yang mengelola masalah lingkungan hidup di masing-masing kampus.

Dari enam parameter yang ditetapkan UI GreenMetric, kata Riri, soal pengolahan sampah dan penyediaan peralatan yang hemat energi di kampus masih tergolong kurang. "Memang membuat smart building itu perlu pendanaan besar," ujarnya.

Riri mengatakan, perlu komitmen kuat dari pimpinan perguruan tinggi. Keberpihakan anggaran, pembuatan kebijakan, dan keberhasilan program kerja bergantung pada komitmen pimpinan. "Kalau pimpinannya komitmen, pasti bisa jalan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X