Sabtu, 18 Januari 2020

Pendaftaran Lelang Terbuka 4 Jabatan Pratama Pemkab Bandung Dibuka

- 3 Maret 2019, 19:45 WIB
*Ilustrasi/Dok PR

SOREANG, (PR).- Pemerintah Kabupaten Bandung kembali melakukan lelang terbuka (open biding) untuk empat jabatan tinggi pratama. Kali ini, lelang dibuka untuk seleksi empat jabatan yaitu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).

Plh Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung Erick Djuriara tak menampik jika open biding kali ini merupakan ekses dari open biding sebelumnya untuk jabatan Sekda Kabupaten Bandung. Terpilihnya Teddy Kusdiana sebagai Sekda, membuat posisi Kadishub mengalami kekosongan. 

Kekosongan juga terjadi pada jabatan BKPSDM saat Erick sendiri dipercaya untuk mengisi jabatan baru sebagai Asisten III Bidang Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung. Bersamaan dengan Erick, Kepala Satpol PP Kabupaten Bandung Usman Sayogi pun ditunjuk menempati jabatan baru sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah, sehingga jabatan lamanyna mengalami kekosongan.

Kekosongan tiga jabatan tersebut kini memang sudah diatasi sementara dengan pelaksana harian (Plh), termasuk Erick yang sementara ini harus membagi waktu antara tugasnya sebagai Asisten III dengan Plh Kepala BKPSDM serta Usman yang harus berbagi waktu antara Kepala Bapenda dengan Kepala Satpol PP. Sedangkan untuk kekosongan Kadishub, tugas ganda dipercayakan kepada Asisten II bidang Ekonomi dan Kesejahteraan, Marlan.

Sementara itu satu jabatan lain yang dilelang yaitu kepala DP2KBP3A saat ini masih tak mengalami kekosongan seperti tiga jabatan lainnya. "Namun pejabat saat ini, Hendi Aryadi Purwanto akan memasuki masa pensiun pada 1 Agustus 2019 nanti," ujarnya Minggu, 3 Maret 2019.

Dengan dibukanya open biding, Erick optimistis tugas ganda yang diemban tiga pejabat Pemkab Bandung termasuk dirinya saat ini hanya akan berlangsung sampai Mei 2019. "Sesuai jadwal tahapan seleksi akan berakhir dengan pengumuman nama 3 Besar pada 10 April 2019 dan pelantikan tiga pejabat untuk instansi yang mengalami kekosongan bisa dilakukan pada 2 Mei 2019," ujarnya.

Sedangkan untuk jabatan Kepala DP2KBP3A, pelantikan rencananya akan dilakukan pada 2 Agustus 2019 atau setelah pejabat lama resmi memasuki masa pensiun. Dengan begitu tak akan ada masa kekosongan untuk jabatan tersebut nantinya.

Di sisi lain Erick menegaskan bahwa lelang terbuka untuk empat jabatan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bandung Nomor 800/Kep.235-BKPSDM/2019 tertanggal 26 Februari 2019. "Tahap pertama yaitu pengumuman dan penerimaan berkas pelamar dibuka sejak 27 Februari hingga 13 Maret 2019," katanya. 

Erick menambahkan, pendaftaran tersebut dibuka tak hanya untuk pelamar di internal Pegawai Negeri Sipil (PSN) Pemkab Bandung. Namun sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2014, kesempatan juga terbuka bagi semua PNS Pemprov Jabar serta PNS Kota/Kabupaten se-Jabar.

Halaman:

Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X