Pemkot Bandung Tak Lagi Sediakan Makanan dan Minuman dalam Kemasan untuk Kurangi Sampah

- 24 Februari 2019, 10:11 WIB
SAMPAH plastik.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Warga Kota Bandung yang akan mengikuti acara di Pendopo Kota Bandung kini perlu menyiapkan wadah makanan dan minuman sendiri. Pemerintah Kota Bandung tidak akan lagi memberikan makanan atau minuman dalam kemasan.

Galamedianews melaporkan, Pemkot Bandung tetap akan menyediakan makanan dan minuman tetapi hanya di meja yang telah disediakan.

Pemkot Bandung telah memulai kebijakan tersebut dalam acara Kajian Muslimah (Kamus) beberapa waktu lalu. Pada Kamus Sabtu 23 Februari 2019, panitia juga tidak menyediakan makanan dan minuman dalam kemasan kepada peserta.

Panitia menyiapkan meja dengan aneka makanan kecil di atasnya. Peserta yang telah membawa wadah dari rumah kemudian mengambil secukupnya.

Begitu pula dengan minuman. Panitia menyediakan banyak dispenser air. Peserta yang merasa haus tinggal mengisi air dengan wadah masing-masing.

Cara tersebut terbukti efektif menurunkan volume sampah secara signifikan. Hal itu diungkapkan salah seorang petugas tata laksana Pendopo Kota Bandung, Apep Supriatna.

"Biasanya dengan audiens sebanyak itu, sampah bisa sampai setruk. Tadi yang datang sampai 1.500," tuturnya.

Dengan jumlah peserta sebanyak itu, ia hanya mengumpulkan sekarung sampah. Pekerjaannya pun jauh lebih ringan.

"Biasanya banyak sampah plastik, bekas minuman, dus makanan. Apalagi kalo orangnya banyak," kata dia.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Fix Indonesia

Jabar Diguyur Hujan

22 Oktober 2020, 14:00 WIB
X