Jumat, 21 Februari 2020

Generasi Milenial Jangan Emosian

- 10 Februari 2019, 23:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.*/DEWIYANTINI/PR

BANDUNG, (PR).- Pada 2045, Indonesia akan menjadi negara adidaya yang ketiga di dunia. Saat itu, generasi milenial yang akan menjadi pemimpin di Indonesia. Akan tetapi, untuk menjadi pemimpin, generasi milenial perlu disiapkan dari sekarang.

"Generasi milenial itu jangan emosian. Baru ditilang polisi, motor diancurin. Harus bisa jaga emosi,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi pembicara kunci dalam orasi pekerja kreatif yang diadakan oleh Asumsi.co di Gedung Sabuga, Institut Teknologi Bandung (ITB) Jalan Tamansari, Sabtu, 9 Februari 2019.

Ridwan menyebutkan tidak banyak yang dapat memahami tantangan ke depan seperti apa. Itu sebabnya, lanjut Ridwan, generasi saat ini harus mampu merefleksikan siapa kita.

Ridwan mengatakan di Jabar, tidak hanya ilmu yang harus dimiliki. Tetapi juga kesehatan, keimanan, dan akhlak.

Dikatakan Ridwan, bangsa Indonesia ini hanya memiliki satu masalah yakni mudah bertengkar. Mereka mempertengkarkan hal-hal yang sepele.

"Hobinya mencari perbedaan dari hal-hal kecil. Sudah jelas kita itu tidak ada yang sama. Kalau Indonesia ingin selamat, carilah perbedaan dalam perbedaan. Kita pasti juara,” ujar Ridwan. 

Dia menyebutkan sudah banyak kisah negara-negara besar yang pecah bahkan musnah. Afghanistan, misalnya. Tujuh suku besar di sana tak pernah berhenti bertikai. Begitu juga Yugoslavia yang kini terpecah menjadi Serbia, Bosnia - Herzegovina, dan Kroasia.

"Di Afghanistan, seminar yang membicarakan industri kreatif seperti ini tak mungkin dilakukan,” katanya.

Karena itu, keragaman suku, agama, bahasa, dan ras, menurut dia, harus dijaga agar industri kreatif bisa terus tumbuh di Indonesia. Selain itu, penguatan SDM juga harus dilakukan.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X