Minggu, 29 Maret 2020

Asal Nama Sukajadi, Daerah di Kota Bandung

- 4 Februari 2019, 16:26 WIB
KEMACETAN di Pasteur, Sukajadi/DOK. PR

SUKAJADI saat ini sudah menjadi salah satu kawasan padat penduduk di Kota Bandung. Kemacetan pun kerap melanda kawasan tersebut menyusul berdirinya mal dan perhotelan. Muncul pertanyaan, kenapa daerah itu disebut Sukajadi?

Berikut ini uraian dari Anggota Masyarakat Geografi Indonesia dan Kelompok Riset Cekungan Bandung T Bachtiar yang dipublikasikan di Harian Umum Pikiran Rakyat edisi 15 Oktober 2009. Kepada pembaca yang budiman, selamat membaca.

Sukajadi yang menyerupai periuk

”Apanya yang jadi, apanya yang tumbuh di Sukajadi?” Pertanyaan itu sering ditanyakan kepada saya menyangkut asa-usul nama tempat (toponimi).

Lama saya berdiri, memandang ke utara dari pertigaan Jalan Sukajadi dengan Jalan dr. Eykman. Terlihat jalan itu menurun ke utara sampai sungai sebagai titik terendahnya, lalu menanjak kembali ke utara hingga Bunderansiem, bahkan menerus hingga Karangsetra.

Begitu pun saat berdiri memandang ke arah selatan dari depan kantor polisi, terlihat jalan yang menurun dan menanjak lagi ke arah selatan sampai Rancabadak.

loading...

Apalagi, bila kita berada di ketinggian di sekitar itu, akan jelas kawasan Sukajadi itu rona buminya cekung.

Penamaan tempat, seperti untuk menamai kawasan yang cekung misalnya, ada yang dihubungkan dengan benda  menyerupai rona bumi tersebut dan paling dikenal masyarakat saat itu.

Ada alat masak yang paling populer, karena paling dibutuhkan untuk bertahan hidup yaitu jadi, alat yang terbuat dari tanah yang dibakar (gerabah).

Kawasan yang rona buminya cekung cukup dalam, oleh masyarakatnya diasosiasikan dengan gerabah alat masak, yaitu jadi.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X