Rabu, 26 Februari 2020

Gedung Studi Pembangunan Pascasarjana ITB Terbakar, Mahasiswa Sempat Mengangkut Air untuk Memadamkan Api

- 30 Desember 2018, 19:02 WIB
KEPULAN asap kebakaran Gedung SBM ITB.*/@PRFMnews

BANDUNG, (PR).- Peristiwa terbakarnya Gedung Studi Pembangunan Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung (ITB) menarik perhatian warga sekitar dan mahasiswa. Ani Kustiani (39), warga Gg Karya Laksana, Kecamatan Taman Sari Atas, menuturkan, kebakaran tersebut melanda gedung perkuliahan.

“(Kebakaran) gedung kuliah nu paling depan,” tutur Ani, Minggu 30 Desember 2018.

Menurut Ani, mahasiswa berusaha memadamkan api sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi. Mahasiswa, jelas Ani, mengangkut air untuk memadamkan api.

“Tadi mah can aya blanwir (pemadam kebakaran). Masih di-angkutan cai ku mahasiswa,” ujarnya.

Ia menduga kobaran api berasal dari konsleting arus listrik. “Da libur, sigana tina listrik,” ucapnya.

Sementara itu, melansir Kantor Berita Antara, api berkobar di gedung yang memiliki dua lantai tersebut. Asap berwarna hitam pekat, membumbung cukup tinggi dari dalam ruangan yang terbakar.

Kebakaran itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 17.18 WIB. Sejumlah mahasiswa dan pihak kampus yang mengetahui kejadian itu langsung menghubungi pemadam kebakaran Kota Bandung untuk proses pemadaman api.

Petugas yang mendapat laporan pun langsung menerjunkan sejumlah mobil Pancar ke lokasi kejadian. "Penanganan awal kami menerjunkan lima mobil pemadam dan dua unit mobil rescue," ujar salah satu petugas Damkar di lapangan.

Berdasarkan laporan sementara, lokasi yang terbakar merupakan gedung studi pembangunan. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran, hingga saat ini petugas masih mencoba memadamkan si jago merah.

Diberitakan sebelumnya, akun twitter @emergency113bdg, menulis pelaporan kebakaran diterima pukul 17.18 WIB, dengan objek Gedung SBM ITB, di Jalan Tamansari, Kelurahan Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Bandung telah dikerahkan untuk menjinakan api. Akun @emergency113bdg juga mengunggah video ihwal peristiwa kebakaran tersebut.

Halaman:

Editor: Fani Ferdiansyah

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X