Minggu, 19 Januari 2020

Gedung Sarinah di Jalan Braga Bandung Selesai Bersolek

- 16 September 2018, 02:46 WIB
WARGA melintasi bangunan heritage Sarinah yang kini menjadi Hotel de Braga by Artotel di Jalan Braga, Kota Bandung, Sabtu 15 September 2018. Hotel butik pertama di Kota Bandung itu merupakan hasil kerja sama sinergi BUMN yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. dengan pemilik Iahan PT Sarinah seluas 1.763 meter persegi.*

SETELAH lama terbengkalai, Gedung Sarinah di Jalan Braga kembali bersolek. Lebih dari 10 tahun terakhir, Sarinah Braga menjadi bangunan pengganggu wisata sejarah Kota Bandung.

Selama lebih dari 7 tahun, gedung Sarinah merupakan bangunan tua lusuh dengan lahan bongkaran yang ditutup seng.

Kini, Sarinah kembali cantik. Rehabilitasi bangunannya mulai melengkapi revitalisasi koridor bersejarah di Jalan Braga pendek yang sebelumnya telah dilakukan Hotel Ibis dan De Majestic di seberangnya.

Sebagai ciri khas bangunan, bidang luas pada fasad di bagian depan dicat ulang berwarna putih. Dominasi warna putih itu diterapkan sebagai upaya mengembalikan eksistensinya di Braga sebagai toko busana yang sempat ramai menjelang tahun 1970, era awal Sarinah Braga.

Di tengah fasad, logo Sarinah berkelir merah menjadi aksen pencuri perhatian. Jenis huruf yang berasal dari tulisan tangan Bung Karno dan digunakan pada gerai pertama Sarinah di Jakarta, tetap dijaga.

PT Sarinah pun mengajak PT Wika Gedung untuk menghidupkan kembali gedung bekas toko busana Onderling Belang zaman kolonial itu.

Manajer Proyek PT Wika Gedung, Dede menuturkan, upaya membangkitkan Sarinah Braga dibarengi pembangunan hotel di lahan seluas 1.763 meter persegi itu. Maka, prosesnya tidak mudah.

Mereka harus mendapatkan rekomendasi dan penilaian dari Tim Cagar Budaya Kota Bandung. Sejumlah arahan pun muncul.

Halaman:

Editor: Muhammad Fikry Mauludy

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X