Anggaran THR Membengkak, Pemkot Cimahi Gunakan Dana Akress

- 6 Juni 2018, 12:13 WIB

CIMAHI, (PR).- Besaran tunjangan hari raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) membengkak karena muncul komponen tunjangan yang dibebankan pada APBD.Pemkot Cimahi berupaya menutupi kebutuhan anggaran pembayaran THR dengan menggunakan anggaran belanja pegawai di pos akress.

Pembayaran THR dilakukan setelah verifikasi absensi kehadiran dan apel dilakukan sebagai dasar tunjangan kinerja daerah (TKD) ASN Pemkot Cimahi.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi  Muhammad Yani, Rabu 6 Juni 2018.

"Di APBD 2018 kita sudah menyiapkan anggaran untuk THR, tapi karena ada tambahan komponen THR soal tunjangan daerah maka anggaran kurang.  Kekurangan ini kita harapkan bisa dipenuhi dari dana akress gaji," katanya.  

Dia menjelaskan, sebelumnya perhitungan anggaran THR dihitung hanya berdasarkan besaran gaji pokok, namun pemerintah pusat memutuskan untuk menambah sejumlah komponen tunjangan, yaitu tunjangan keluarga, tunjangan tambahan, dan tunjangan kinerja ke dalam THR

loading...

Hal itu tercantum dalam Surat Mendagri No. 903/3387/SJ tgl 30 Mei 2018, disebutkan dana THR dan gaji ke-13 bersumber dari APBD. Dalam poin 6 surat itu, dijelaskan bahwa Pemda dapat melakukan penggeseran anggaran dari nomenklatur lain untuk dialokasikan kepada anggaran THR dan gaji ke-13. Pada poin 7, disebutkan perubahan tersebut cukup dilakukan dengan mengubah penjabaran APBD TA 2018, tanpa menunggu Perubahan APDB TA 2018.

"Artinya besaran anggaran THR tahun ini tidak jauh berbeda dari anggaran gaji bulan Juni," ujarnya.

Pos dana akress, jelasnya, merupakan anggaran lebih untuk pembayaran gaji dan tunjangan tak terduga yang ada di anggaran belanja pegawai di pos Belanja Tidak Langsung, besarannya 2,5 persen dari total belanja gaji biasanya dipakai untuk membayar kenaikan pangkat, dan kebutuhan gaji lainnya.

Sebelumnya, anggaran THR (gaji)  yang telah disiapkan mencapai Rp19.071.873.477. "Akan ada penambahan kebutuhan anggaran, mudah-mudahan cukup," katanya.

Halaman:

Editor: Ririn Nur Febriani


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X