Jalur Alternatif di Bandung Barat Jadi Perhatian Saat Arus Mudik Lebaran

- 4 Juni 2018, 14:22 WIB
WARGA melintasi Jalan yang merupakan jalur alternatif Lembang-Kota Bandung di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin, 4 Juni 2018. Beberapa jalur alternatif di wilayah Kabupaten Bandung Barat akan menjadi perhatian petugas saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Apalagi, beberapa jalur alternatif dekat dengan objek wisata, sehingga kerap diterjang kemacetan lalu lintas.*

NGAMPRAH, (PR).- Beberapa jalur alternatif di wilayah Kabupaten Bandung Barat akan menjadi perhatian petugas saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Apalagi, beberapa jalur alternatif dekat dengan objek wisata, sehingga kerap diterjang kemacetan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat Ade Komarudin mengungkapkan, beberapa jalur alternatif seperti Jalan Maribaya-Cibodas, Jalan Cihideung-Terusan Sersan Bajuri dekat dengan beberapa objek wisata. "Sehingga itu perlu perhatian khusus, terutama saat libur Idulfitri nanti," katanya, Senin, 4 Juni 2018.

Ade juga mengungkapkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan para pengelola tempat wisata agar mereka memberikan fasilitas tempat parkir tambahan. Hal itu untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung saat hari libur nanti.

Selain itu, jalur-jalur alternatif juga akan dipasangi rambu-rambu tambahan untuk mengarahkan para pengendara. "Rencananya, akan diberlakukan pengaturan waktu juga. Kapan naik, kapan turun. Itu salah satu rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan," katanya.

Di Bandung Barat, ada enam jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan di jalur utama. Pertama, kendaraan di jalur tengah bisa mengambil rute dari Pintu Tol Padalarang/Batujajar-Kota Baru Parahyangan-Jln. GA Manulang-Cipatat-Cianjur. Ini untuk menghindari kemacetan di Jalan Bandung-Cianjur.

Kedua, dari arah Purwakarta menuju  Lembang/Subang, bisa mengambil Jalan Raya Purwakarta-Jalan Stasion-Underpass Padalarang-Cisarua-Parongpong-Lembang-Subang. Jalur ini untuk menghindari kemacetan di Jalan Tol Purbaleunyi.

Sementara dari arah Subang/Lembang menuju Bandung, ada empat jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di jalur utama Jalan Bandung-Lembang. Pertama, melalui Jalan Maribaya-Jalan Mekarwangi-Dago Bandung. Kedua, melalui Jalan Cijeruk-Ciumbuleuit-Bandung.

Selanjutnya, juga bisa melalui Jalan Sersan Bajuri-Ledeng-Bandung dan terakhir bisa melalui Parongpong-Jalan Cihanjuang-Cimahi-Bandung.

Secara keseluruhan, Ade menegaskan, sejumlah jalur mudik di Bandung Barat sudah siap untuk dilintasi pemudik. "Kondisi jalan sudah bagus dan siap untuk dilintasi. Apalagi, wilayah KBB sebenarnya hanya perlintasan mudik. Bukan jalur mudik," katanya.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X