Jumat, 28 Februari 2020

Ketua RT dan RW Punya Peran Penting Kembangkan Potensi Masyarakat

- 15 Mei 2018, 04:37 WIB

BANDUNG, (PR).- Meski merupakan jabatan sosial, Ketua RT dan RW memiliki peran strategis di tengah masyarakat. Berhadapan langsung dengan warga, keberadaan mereka bisa diberdayakan untuk mengangkat potensi masyarakat di wilayah masing-masing, baik potensi ekonomi berupa produk usaha kecil maupun potensi di bidang lainnya. Namun untuk menuntaskan peran tersebut, masih banyak kendala yang dihadapi.

Hal tersebut menjadi salah satu simpulan diskusi yang digelar di Aula Harian Umum Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa 15 Mei 2018 pagi. Diskusi digelar dalam rangka kunjungan para pengurus Forum RW Kota Bandung. Hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain Robbiana Dani Awalludin sebagai ketua dan Iwa Gartiwa selaku ketua dewan pakar. Rombongan diterima oleh Pemimpin Perusahaan PT Pikiran Rakyat Bandung, Januar P Ruswita dan beberapa pejabat perusahaan.

Forum RW Kota Bandung terbentuk pada 19 Mei 2003. Saat ini, memiliki anggota yang terdiri dari 1.584 ketua RW dan 10.002 ketua RT. 

Dalam diskusi tersebut, muncul beragam hal yang dibutuhkan oleh para ketua RT dan RW dalam mengembangkan potensi ekonomi masyarakat di tempatnya masing-masing. Yang berkaitan langsung dengan kunjungan Forum RW ke Pikiran Rakyat adalah masalah sosialisasi dan publikasi. Pasalnya, di Kota Bandung terdapat banyak sekali produk usaha di tingkat warga yang memiliki kualitas dan kreativitas tinggi. Jika dipublikasikan secara optimal, apa lagi oleh media massa, tidak menutup kemungkinan produk-produk tersebut bisa menasional bahkan merambah pasar internasional.

"Kita bisa bersinergi untuk kemajuan Kota Bandung. Bisa bekerja sama misalkan dengan adanya publikasi khusus terkait potensi masyarakat Kota Bandung dari Forum RW yang memang butuh sosialisasi," tutur Ketua Forum RW Kota Bandung, Robbiana Dani Awalludin.

Selain berupa publikasi produk usaha kecil di tingkat warga, terdapat banyak konsep lain yang bisa dipadukan antara para Ketua RT dan RW dengan media massa. Antara lain menggelar diskusi rutin terkait masalah kemasyarakatan sampai pelatihan jurnalistik.

Saat ini, Forum RW Kota Bandung memang tengah gencar bekerja sama dengan beragam lembaga. Dengan beragam upaya kerja sama tersebut, diharapkan tercipta pemerintahan tingkat warga yang lebih berkualitas.

"Forum RW sebenarnya tenaga sosial, ujung tombak pemerintahan. Kalau Forum RW enggak ada, pemerintahan akan repot juga," tutur Iwa Gartiwa, Ketua Dewan Pakar Forum RW Kota Bandung.

Benny Wijaya, Sekretaris Forum RW Kota Bandung menambahkan, keberadaan ketua RT dan RW juga berperan penting dalam mencegah munculnya tindakan negatif di tengah masyarakat, baik berupa aksi kriminalitas sampai terorisme yang kini ramai dibicarakan.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X