Jalan Tembus Pasirjambu-Pangalengan Segera Terealisasi

- 22 Januari 2018, 15:48 WIB
PENGENDARA mengantre saat melintasi akses jalan penghubung Pasirjambu-Gambung-Pangalengan yang becek dan licin di Kampung Leuwiliang, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Senin 22 Januarui 2018. Dari total panjang akses jalan penghubung 15 kilometer ini, perbaikan jalan tinggal menyisakan 2 kilometer yang belum diperbaiki.*

SOREANG, (PR).- Pembangunan jalan yang menghubungkan Pasirjambu dengan Pangalengan via Gambung di Kabupaten Bandung hampir rampung. Sayangnya, masih ada sekitar 2 kilometer lagi jalan yang rusak, tepatnya di sekitar Kampung Leuwiliang, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu.

Warga Leuwiliang mendesak, Pemerintah Kabupaten Bandung segera memperbaiki kondisi jalan rusak itu. Berbeda dengan kondisi jalan lain, jalan di sekitar itu belum dibeton.

Seorang warga Kampung Leuwiliang, Ahmad Sanusi (30), mengatakan bahwa keberadaan jalan itu sangat penting bagi warga. Karena belum tersentuh perbaikan, banyak warga yang mengalami kecelakaan akibat jalan rusak ini.

Tati (35), warga lainnya, membenarkan kerawanan jalan itu. Ia mengaku sempat menjadi salah sau korban kecelakaan akibat jalan rusak tersebut. Untungnya, Tati tidak mengalami luka serius, hanya bengkak di bagian pergelangan tangannya.

Galian PDAM

Berdasarkan pantauan di lapangan, saat menyusuri akses jalan penghubung Pasirjambu-Gambung-Pangalengan ini belum seluruhnya dibeton. Kondisi diperparah dengan adanya pembangunan saluran air minum PDAM Tirta Raharja.

Akibat galian saluran air minum itu, kondisi jalan rusak semakin parah. Jalanan juga sangat licin saat hujan akibat lumpur bekas galian pipa saluran air minum itu dibiarkan mengalir di jalanan.

"Kalau hujan tambah parah lagi. Selain jalannya yang rusak sekarang jadi licin karena tanah bekas galian pipa ini berada di bahu jalan," ungkap seorang pengguna jalan, Jajang Sukmara (45).

Sebelumnya, Bupati Bandung Dadang M. Naser menjelaskan, pembangunan jalan penghubung ini untuk mendukung pengembangan destinasi wisata Bandung selatan. Wisatawan yang berada di Ciwidey dan hendak menuju ke Situ Cileunca Pangalengan dapat menggunakan akses jalan penghubung ini.

Dengan demikian, akses jalan penghubung Pasirjambu-Gambung-Pangalengan ini menjadi strategis karena mampu menghubungkan 2 lokasi destinasi wisata sekaligus di Bandung selatan. Pembangunan akses jalan ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 16,5 miliar.

Halaman:

Editor: Ecep Sukirman


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X