Selasa, 18 Februari 2020

Taman Vanda, Taman Kota Bandung dengan Sejarah Panjang

- 16 Januari 2018, 23:30 WIB

MENJELANG peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA), tahun 2015, banyak ruang publik di Kota Bandung yang direvitalisasi. Salah satunya adalah Taman Vanda. Taman ini berlokasi di tengah-tengah Jalan Merdeka, di antara Balai Kota, Mapolretabes Bandung, dan Gedung Bank Indonesia.

Dulu, sebelum dilakukannya revitalisasi, Taman Vanda tidak terlalu terawat dan lebih sering digunakan para remaja untuk bermain skate. Tak banyak orang yang mau berlama-lama diam di taman ini seperti sekarang.

Namun, setelah dilakukan revitalisasi, nama Taman Vanda pun menjadi tenar. Setiap harinya, selalu ada orang yang diam berlama-lama di sana meski hanya sekadar mengobrol bersama kerabat atau mengajak anaknya bermain di sana.

Gereja, bioskop, dan ruang kuliah

Mulanya, di lahan tersebut terdapat sebuah gereja berukuran 8x21 meter yang diberi nama Gereja Santa Franciscus Regis. Gereja katolik pertama yang didirikan di Kota Bandung oleh Pastor Christianus Schets SJ ini diberkati oleh Mgr. Staal pada 16 Juni 1895 dan dirobohkan pada awal tahun 1920-an.

Setelah dirobohkan, di lahan tersebut dibangunlah sebuah bioksop bernama Rex. Bioskop ini terbilang cukup bertahan lama hingga pada awal tahun 1950-an, bioskop Rex berganti nama menjadi Panti Budaya.

Fungsi gedung pun berubah tidak lagi digunakan sebagai bioskop tetapi digunakan sebagai ruang kuliah Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang pada masa itu masih bernama Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan.

Bioskop dan jadi Taman Vanda

Sekitar tahun 1960-1970-an, saat Unpar sudah tidak lagi menggunakan gedung Panti Budaya sebagai ruang kuliah, gedung tersebut pun kembali beralih fungsi menjadi bioskop. Selain menjadi bioskop, di gedung tersebut juga terdapat bangsal yang kerap digunakan untuk latihan badminton dan sempat digunakan untuk latihan tari Viatikara.

Halaman:

Editor: Mayang Ayu Lestari - Periset PR

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X