Jumat, 13 Desember 2019

Siklon Tropis Dahlia, Wisata ke Situ Cileunca Tutup

- 1 Desember 2017, 08:17 WIB
PETUGAS pengelola memerhatikan pohon kayu putih yang tumbang menimpa belasan kios di Pujasera kawasan wisata Situ Cileunca, Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jumat 1 Desember 2017). Angin kencang dampak siklon Dahlia menyebabkan sebanyak 42 pohon berbagai jenis tumbang di kawasan wisata Situ Cileunca sehingga sementara ditutup untuk pengunjung.*

SOREANG, (PR).- Puluhan pohon tumbang di kawasan wisata Situ Cileunca, Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Peristiwa yang terjadi pada Kamis 30 November 2017 tengah malam hingga Jumat 1 Desember 2017 dinihari akibat angin kencang yang merupakan dampak dari siklon tropis Dahlia. 

Akibat peristiwa tersebut kawasan wisata Situ Cileunca sementara tutup bagi pengunjung. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Rully Jayapermana di lokasi kejadian, Jumat 1 Desember 2017.

"Angin kencang yang terjadi pada Kamis tengah malam menyebabkan sebanyak 42 pohon roboh. Di antaranya empat pohon menimpa 12 unit kios pedagang di Pujasera. Satu pohon roboh di area parkir. Tiga belas roboh di area bungalow dan kantor, sembilan pohon di area bermain. 15 pohon menimpa fasilitas KONI untuk cabor dayung. Melihat kondisi seperti ini sementara kawasan Situ Cileunca tutup bagi pengunjung hingga waktu yang tidak bisa ditentukan," kata Rully kepada wartawan. 

Langkah awal, ia menambahkan, pedagang kios dievakuasi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya pohon tumbang susulan. Sebab siklon tropis Dahlia masih akan melanda sepekan ini.

Sebelas dari 12 kios yang ada rusak berat. Dua kamar mandi di lokasi Pujasera rusak. Sedikitnya ada 60 pohon yang terancam tumbang karena faktor usia dan lapuk. Oleh karena itu pihaknya tidak ingin ada korban jiwa dan materi yang lebih akibat cuaca buruk ini sehingga sementara dilakukan penutupan. 

Pantauan di lokasi wisata Situ Cileunca, pohon tumbang yang menimpa gedung latihan cabang olah raga dayung juga menimpa satu perahu dayung yang disimpan di luar.

"Kami berkoordinasi dengan pemilik lahan yaitu Indonesia Power untuk penanganan 60 pohon yang berpotensi tumbang juga. Apakah sebaiknya ditebang atau bagaimana. Terus juga dengan pihak BPBD tadi sudah melakukan assesmen. Meskipun sekarang liburan panjang, tetapi kami tidak mau ambil risiko," tuturnya. 

Beberapa wisatawan yang sudah datang pun ditolak dengan alasan keselamatan. Mereka tidak dapat masuk ke kawasan wisata namun tetap berlibur dengan wahana arung jeram yang disediakan provider swasta dengan pertimbangan jalur aman untuk wisata. 

"Kami tadi (pagi) sudah mengecek dengan teman-teman yang lain, jalur untuk arung jeram dari muara hingga finis di daerah Cisarua sekitar lima kilometer. Apalagi kasian tamu sudah datang jauh. Kami sampaikan juga kepada tamu kondisinya dan mereka menerima," ucap Cecep salah satu provider wisata arung jeram.


Halaman:

Editor: Usep Usman Nasrulloh

Tags

Komentar

Terkini

X