Hengki Kurniawan Bagikan Uang Kadeudeuh Puluhan Juta Rupiah ke Santri Berprestasi Bandung Barat dan Pembinanya

- 22 Oktober 2021, 16:11 WIB
Plt. Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menyerahkan simbolis uang kadeudeuh kepada santri berprestasi pada Hari Santri Nasional, Jumat 22 Oktober 2021. Foto: Dok. Humas Pemkab Bandung Barat
Plt. Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menyerahkan simbolis uang kadeudeuh kepada santri berprestasi pada Hari Santri Nasional, Jumat 22 Oktober 2021. Foto: Dok. Humas Pemkab Bandung Barat /Dok. Humas Pemkab Bandung Barat

PIKIRAN RAKYAT - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan memimpin Upacara Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Bandung Barat, Jumat 22 Oktober 2021. Peringatan Hari Santri Nasional di Bandung Barat mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga. 

Hengki Kurniawan mengatakan, tema tersebut diangkat sekaligus sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia, agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia. 

"Di peringatan Hari Santri ini, tentu kami berharap santri yang dulu berjuang melawan penjajah, maka hari ini bila ada ideologi-ideologi yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa, santri harus menjadi yang terdepan untuk tetap mempertahankan NKRI," kata Hengki Kurniawan.

Dia menjelaskan, tema Santri Siaga Jiwa Raga dimaknai sebagai santri Siaga Jiwa, yakni bagaimana kita, khususnya para santri, dapat menjaga akhlak dan budi pekerti yang baik, kemudian nilai-nilai Islam. 

Baca Juga: Soal Pinjol Ilegal, Mahfud MD Sebut Bisa Dikenakan Pasal UU ITE 27, 29, dan 32

Adapun Siaga Raga, lanjut dia, yaitu lebih kepada bagaimana kesiapan kita, khususnya para santri, dalam menghadapi pandemi Covid-19, dan bangkit setelah pandemi berakhir. Bagi para santri juga tetap tak lupa tetap menjaga protokol kesehatan di mana pun berada.

Lebih lanjut, Hengki Kurniawan menuturkan santri di Bandung Barat diharapkan tak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia. Dengan demikian, Santri Siaga Jiwa Raga sebagai komitmen santri yang sudah terbentuk dari tradisi pesantren. 

Dalam Upacara Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Bandung Barat, Hengki Kurniawan memberikan uang kadeudeuh kepada santri yang meraih prestasi pada acara Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Berikut ini adalah daftar juara dan pembina kafilah Kabupaten Bandung Barat dalam STQH tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021: 

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X