Selasa, 10 Desember 2019

Oded Sebut Pembangunan Butuh Keterbukaan Informasi

- 31 Agustus 2017, 10:53 WIB

ERA reformasi ditandai dengan tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Roda pemerintahan mensyaratkan akuntabilitas, transparansi, serta partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial saat menerima tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dalam rangka Monitoring dan Evaluasi, di Balai Kota Bandung, Kamis 31 Agustus 2017.

Dia pun mengklaim, pemerintah Kota Bandung saat ini sudah transparan memberi informasi kepada publik.

"Prinsipnya, dalam mengelola pemerintahan bukan zamannya lagi maen umpet-umpetan. Keterbukaan ini memang menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa di tawar lagi. Karena bandung merupakan daerah metropolitan, maka harus memberikan keterbukaan informasi untuk diketahui oleh seluruh masyarakat Bandung," ujarnya melalui rilis resmi Humas Pemkot Bandung.

Ditambahkan Oded, untuk agenda monitoring dan evaluasi, bukan hanya sekadar memulai dan mengevaluasi. Lebih dari itu, menjadikan keterbukaan ini sesuatu yang harus jadi tanggung jawab moral.

"Karena itu PPID harus betul-betul memiliki konsen yang kuat dalam memberikan informasi kepada publik,"ujar Oded.

Dirinya berharap, informasi mengenai pemerintahan kota terus dikonsumsi oleh masyarakat. Dengan demikian masyarakat pun mengetahui kerja pemerintah dan hasilnya pun bisa mereka rasakan.

"Tentu saja kita berharap dengan adanya pemerintahan keterbukaan dengan ditandai dulu dari semangat reformasi dan keterbukaan,"tegasnya

Sementara itu, Asisiten Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Devinisa menyampaikan, kegiatan monitoring dan evaluasi dari komisi informasi merupakan salah satu bukti perhatian knsen kepada pemerintah.


Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

X