Setiap Hari Rabu, Bupati Bandung Wajibkan Warganya Gunakan Bahasa Sunda

- 13 Oktober 2021, 20:14 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna.
Bupati Bandung Dadang Supriatna. /Dok. Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Bandung

PIKIRAN RAKYAT - Sebagai bentuk dari mencintai budaya, Bupati Bandung, Dadang Supriatna, mewajibkan warganya hingga pelajar di sekolah, untuk berkomunikasi dengan Bahasa Sunda setiap hari Rabu.

“Kita sudah ada muatan lokal di sekolah untuk Bahasa dan budaya Sunda,” kata Dadang di Bandung, Jawa Barat, Rabu, 13 Oktober 2021.

Untuk itu, Dadang menyatakan mulai hari ini Rabu, 13 Oktober, dirinya mewajibkan warga Kabupaten Bandung, khususnya anak-anak mulai tingkat TK hingga SMP, untuk berbahasa Sunda setiap hari Rabu.

Dalam hal ini, menurut Dadang, gerakan tersebut diterapkan sebagai upaya mempertahankan Budaya Sunda di tengah perkembangan zaman.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Sebut Rizky Billar Tak Pantas Jadi Bapak, Reaksi Lesti Kejora Tidak Terduga

Lebih lanjut, menurutnya hal itu pun akan ditindaklanjuti secara serius dengan menerbitkan regulasi terkait pelestarian Budaya Sunda dalam berbagai aspeknya.

“Nanti kita akan tindaklanjuti dengan penerbitan perbup (peraturan bupati),” kata Dadang.

Dalam kesempatan itu, Dadang juga turut mengundang sekitar 80 seniman dan budayawan. Dirinya mengaku membutuhkan aspirasi, berupa harapan dan keinginan seniman dan budayawan Kabupaten Bandung, dalam kondisi Covid-19.

Baca Juga: Yakin DTKS Sudah Tidak Ganda, Mensos Risma: Sudah Diuji Validitasnya

Sehingga langkah tersebut nantinya akan bermuara pada program kegiatan dalam upaya mempertahankan Budaya Sunda dan untuk keberlangsungan hidup para seniman dan budayawan, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X