Mata Air Sendang Geulis Kahuripan Kaya Khasiat

- 28 Maret 2017, 05:28 WIB
WARGA berenang di wisata mata air Sendang Geulis Kahuripan di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 26 Maret 2017.*
WARGA berenang di wisata mata air Sendang Geulis Kahuripan di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 26 Maret 2017.*

NAMA objek wisata Sendang Geulis Kahuripan memang masih terdengar baru. Papan di pintu masuk objek wisata itu tertulis Sendang Geulis Kahuripan, namun beberapa orang menyebutnya dengan nama Sindang Geulis Kahuripan. Meski terhitung baru, namun tak sedikit para petualang memburu objek wisata yang dikelola oleh Perhutani KPH Bandung Utara ini.

Sendang Geulis Kahuripan berada di wilayah RPH Cikalong Wetan, BKPH Padalarang Perum Perhutani KPH Bandung Utara. Secara administratif, objek wisata ini terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. 

Untuk bisa sampai ke tempat ini, maka kendaraan dari Bandung dapat langsung diarahkan menuju Cikalong Wetan. Setelah melalui Perkebunan Teh Panglejar terdapat pertigaan lalu belok ke kanan melewati Pasar Tengek (Cisomang) kantor Desa Wangunjaya lalu melewati kantor Desa Banjarsari. Kurang lebih 10 kilometer dari sana, maka sampailah ke tempat wisata Sendang Geulis Kahuripan. Relatif jauh 
jika dijangkau dari Kota Bandung, namun keindahan yang didapat di sana dijamin akan sepadan dengan perjuangannya.

Sebenarnya telaga ini terkenal dengan sebutan Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan. Jika diartikan kata perkata, Talaga Cikahuripan memilik arti "Danau di tengah pegunungan yang memberi kehidupan". Hampir sama dengan sebutan populernya yaitu Sendang Geulis Kahuripan. 

"Sendang" dalam Kamus Besar Indonesia (KBBI) memiliki arti kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya. Sumber mata air ini biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus. Jadi, nama "sendang" ini memang lebih tepat dibandingkan kata "sindang" yang dilafalkan banyak orang. "Sindang" berarti mampir dalam bahasa Sunda.

"Geulis" dalam bahasa Sunda berarti cantik. Sedangkan "Kahuripan" dapat diartikan sebagai kehidupan. Jadi, bila diartikan secara keseluruhan "Sendang Geulis Kahuripan" memiliki arti kolam di pegunungan yang berasal dari mata air dengan pemandangan yang cantik dan mampu memberi kehidupan bagi orang di sekitarnya. 

Tak salah ada kata geulis yang disematkan pada Sendang Geulis Kahuripan ini karena daya tarik wana wisata ini sangat memikat. Lokasi mata airnya sangat cantik, menyuguhkan air yang segar dan bening dalam kolam alam dengan ukuran 7x12 meter. Bahkan, sudah tersedia kolam renang memiliki ukuran cukup besar yang sumber airnya langsung dari mata air Sendang Geulis Kahuripan.

Tak heran jika tempat ini disebut mata air cantik. Airnya sangat jernih, dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan dan berada ditengah perbukitan menjadikan tempat ini nampak cantik dan indah. Mata air Sendang Geulis membuat suasana semakin syahdu.

Halaman:

Editor: Deni Yudiawan


Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X