Jumat, 24 Januari 2020

Yayasan Scorpion: Beruang Madu di Kebun Binatang Bandung Stres

- 24 Januari 2017, 15:18 WIB
SEPASANG beruang madu (Helarctus malayanus) bermain di kandang di Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamanasari, Kota Bandung, Sabtu 21 Jnauari 2017. Hasil pemeriksaan tim dokter hewan menyatakan bahwa kondisi beruang madu di sana sehat namun usianya saat ini ada yang 23 tahun. Rata-rata usia beruang madu mencapai 25 tahun.*

JAKARTA, (PR).- Investigator senior dari organisasi pemerhati kelestarian satwa liar Yayasan Scorpion, Marison Guciano mengatakan, beruang madu yang ada di Kebun Binatang Bandung mengalami stres.

"Beruang-beruang itu melakukan tindakan yang tidak wajar seperti mondar-mandir, memakan fesesnya sendiri, dan terus menggoyangkan badan, itu tanda-tanda bahwa beruang mengalami stres," kata Marison saat konferensi pers di Jakarta, Selasa 24 Januari 2017.

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan beruang-beruang itu mengalami stres. Salah satunya adalah tempat tinggal yang tidak seperti habitat aslinya.

"Beruang madu tinggal di hutan tropis tetapi yang kita lihat, mereka diletakkan di dalam kandang yang sempit, bahkan salah satu kandang tidak memiliki pepohonan sehingga para beruang itu tidak dapat memanjat pohon," kata Marison seperti dilaporkan Antara.

Selain itu, ada empat beruang di dalam kandang yang sempit padahal mereka adalah makhluk yang suka hidup sendiri.

Dalam video beruang di Kebun Binatang Bandung yang diunggah Yayasan Scorpion di kanal Youtube, terlihat para beruang di sana sangat kurus dan air di kolam yang ada di kandang mereka sangat kotor. Tidak hanya itu, para pengunjung juga bebas melempar makanan ke dalam kandang. Tak jarang, beruang-beruang itu pun meminta-minta makanan kepada pengunjung.

"Tingkah meminta-minta makanan kepada pengunjung itu bisa saja karena mereka lapar atau karena kebiasaan pengunjung yang memberikan makanan kepada mereka. Hal itu memang dapat mengubah perilaku satwa di kebun binatang. Seharusnya, penjaga kebun binatang melarang para pengunjung memberikan makanan," kata dia.

Bahkan dia pernah melihat dokumentasi para beruang hanya diberi makan roti.

"Beruang madu itu makanannya serangga atau buah-buahan tetapi mereka hanya diberi roti yang tidak dapat mencukupi kebutuhan gizi beruang. Apalagi, kita lihat lantai kandang sudah disemen, hal itu membuat beruang tidak leluasa mengorek tanah untuk mencari serangga," kata dia.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X