Minggu, 15 Desember 2019

Wisata Kuliner Kota Bandung di Jalan Sunda nan Menggoda

- 21 Desember 2016, 08:18 WIB

JAJAN ke mana hari ini? Bila Anda tengah berada di Kota Bandung dan berencana melewati Jalan Sunda, ada baiknya singgah sebentar. Jalan Sunda merupakan salah satu ruas jalan sibuk di Kota Bandung karena merupakan salah satu jalan penghubung utama di tengah kota. 

Pada hari kerja, ruas jalan itu jarang lengang kecuali saat hari telah larut. Posisinya terbilang strategis karena dekat dengan area perkantoran, sekolah, pasar, serta sentra usaha masyarakat. Jika akhir pekan, lalu lintas juga tak kalah sibuk. 

Karenanya, sepanjang jalan yang bermula dari Terusan Jalan Karapitan hingga perempatan Jalan Jawa itu begitu hidup. Di kiri-kanan jalan, hanya sedikit rumah tinggal atau area publik. Nyaris seluruh kawasan menjadi tempat usaha. Jenisnya pun beragam mulai dari niaga, jasa, perkantoran, swalayan, toko, hingga tempat makan.

Ada banyak menu jajanan di beberapa tempat di Jalan Sunda yang juga bisa Anda coba. Tentu saja, karena banyaknya lokasi wisata kuliner, tidak semua dapat dituangkan dalam halaman. 

Bagi penyuka mi, setidaknya ada empat tempat yang berada persis di tepi Jalan Sunda yang menyajikan sajian itu antara lain Mi Kocok SKM, Yami Yami Noodle House, Bakmi Parahyangan, serta Cwie Mie 87. 

Bila ingin mencicipi semangkuk bakso, bisa mencoba bakso Gemar. Bagi mereka yang ingin suasana kafe, bisa datang ke Yellowtruck Coffee yang tak hanya menyajikan kopi juga sajian berat lain. Di Jalan Sunda juga terdapat dua toko bakery yang lebih dari sepuluh tahun berdiri antara lain Tabitha serta Eliza.

Penggemar kuliner Bugis juga bisa datang ke Ikan Bakar Makassar yang posisinya tepat sebelum rel kereta api Jalan Sunda. Ada pula Martabak Bandung Medal Sari 89 yang memiliki resep sendiri. Jangan lupakan makanan keseharian ala rumahan di ayam goreng kalasan. 

Setelah melewati rel kereta api, biasanya semerbak aroma sate menyebar dari rumah makan Sate Sidareja Pak Gino. Ini tempat makan sate kambing paling populer di Jalan Sunda.
 
Terakhir, jika sedang ingin menyantap fast food, di sebelah kiri jalan ada restoran ayam goreng siap saji. Keberadaan toko swalayan besar di jalan itu juga memungkinkan eksplorasi kuliner lebih seru lagi.

Yami-Yami Noodle House, Masakan Cina yang Lezat
Salah satu restoran makanan cina di Bandung adalah Yami-Yami Noodle House. Menyajikan ragam menu yang terbuat dari mi dan kudapan (side dish) yang lezat, terutama yang menggunakan makanan laut (seafood). Salah satu menu favorit di restoran yang beralamat di Jalan Sunda Nomor 53 Bandung ini adalah yami hotplate seafood singapura. Memadukan aneka seafood seperti udang, kerang, dan cumi-cumi, dengan mi kuning, lalu dimasak dengan singaporean sauce yang didominasi rasa asam pedas. Kenikmatannya bertambah saat disantap hangat. 


Halaman:

Editor: Eva Nuroniatul Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X