10 Rumah di Batununggal Bandung Hangus Terbakar, Isi Baterai Ponsel Jadi Penyebab

- 22 September 2021, 20:50 WIB
10 Rumah di Batununggal Bandung Hangus Terbakar, Isi Baterai HP Jadi Penyebab
10 Rumah di Batununggal Bandung Hangus Terbakar, Isi Baterai HP Jadi Penyebab /Pikiran Rakyat/M Iqbal Maulud

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 10 rumah tinggal semi permanen ludes terbakar api. Kejadian ini terjadi tepatnya pada Rabu 22 September 2021 di Jalan Lebak II, Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung sekira pukul 09.30 WIB.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, M Yusuf Hidayat.

Menurut Yusuf Diskar PB Kota Bandung, sekira pukul 10.00 WIB telah tiba di lokasi kebakaran tersebut.‎ Setelah sebelumnya ada laporan kebakaran sekira pukul 09.55 WIB ke Diskar PB Kota Bandung melalui emergency call di 022-133.

"Jadi kejadiannya di lokasi padat penduduk, bahkan dari 10 rumah tersebut ada 40 orang jiwa yang berada di sana. Sedangkan jumlah kepala keluarga adalah 14 orang, mereka yang terdampak ini diungsikan dulu ke Masjid Al Hidayah tak jauh dari lokasi," kata Yusuf.

Baca Juga: Cara dan Syarat Dapat BLT Rp1,2 Juta untuk PKL dan Pengusaha Warteg, Proses di Tempat Bisa Langsung Cair

Kejadian kebakaran ini lanjut Yusuf diketahui berasal dari salah satu rumah milik Ibu Entin. Diketahui Ibu Entin saat itu sedang mengisi baterai ponselnya di lantai dua rumahnya tersebut, dan diduga terjadi korsleting listrik di tempat ponsel tersebut diisi baterai.

"Api pun menyebar cepat dan dicoba untuk dipadamkan dengan alat sederhana namun api karena sudah terlalu membesar maka sulit untuk dikendalikan. Setelah itu salah seorang warga pun menghubungi Diskar PB Kota Bandung dan segera direspon," katanya.

Tak lama setelah sampai di lokasi, petugas pun dengan segera melakukan tindakan-tindakan agar api tidak menyebar cepat. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penyekatan pada bangunan-bangunan di sekitar rumah yang terbakar.

Baca Juga: Ngotot Minta Bayaran, Jerinx Heran Deddy Corbuzier Lebih Pilih Beri Uang ke Artis Kaya Raya

Sementara untuk memadamkan api, Diskar PB Kota Bandung pun kata Yusuf menurunkan 11 unit kendaraan. Kendaraan ini terdiri dari 8 unit mobil pancar baik dari Pusat, UPT Timur dan UPT Barat, 1 unit mobil quick response, 1 unit mobil rescue dan 1 unit mobil komando.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X