Sekolah di Bandung Barat Sudah Menggelar PTM Terbatas, Vaksinasi Pelajar Jadi Sorotan

- 22 September 2021, 22:10 WIB
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SMP Negeri 3 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Senin 20 September 2021.
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SMP Negeri 3 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Senin 20 September 2021. /Pikiran Rakyat/Hendro Susilo

PIKIRAN RAKYAT - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada tingkat SD dan SMP di Kabupaten Bandung Barat sudah digelar sejak Senin 20 September 2021 lalu. Meski begitu, hingga saat ini angka vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Bandung Barat belum 100 persen.

"Namun, datanya itu terus bergerak, karena vaksinasi terus berjalan dan untuk pelajar tetap diprioritaskan supaya bisa mencapai 100 persen," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bandung Barat Nurul Rasihan di Lembang, Rabu 21 September 2021.

Menurut dia, capaian vaksinasi bagi pelajar di Bandung Barat saat ini baru sekitar 80 persen. Akan tetapi, dia menyebutkan bahwa sudah ada daerah yang capaian vaksinasinya mencapai 100 persen saat PTM terbatas mulai digelar.

"Sebetulnya untuk capaian vaksinasi pelajar di setiap daerah itu berbeda-beda. Misalnya, di Lembang sudah mencapai 100 persen, tapi di wilayah lain rata-rata belum 100 persen," kata Nurul.

Baca Juga: Jawa Barat Bakal Punya Rumah Sakit Baru, Berikut 3 Daerah yang Sedang Dijajaki

Dengan tingkat vaksinasi Covid-19 bagi pelajar saat ini yang sudah 80 persen, dia meyakini bahwa vaksinasi bagi seluruh pelajar di Bandung Barat bakal segera tuntas dalam waktu dekat ini. Apalagi, Pemkab Bandung Barat tengah menggenjot vaksinasi bagi seluruh warga.

"Vaksinasi bagi pelajar harus 100 persen karena itu target kita. Sekarang di Bandung Barat sudah ada gebyar vaksinasinya di berbagai kecamatan, termasuk di Kecamatan Lembang. Semoga target itu bisa cepat tercapai," ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Bandung Barat, PTM terbatas telah digelar secara serentak di 102 SMP, 472 SD, dan 900 lembaga pendidikan jenjang PAUD, Kober, dan SPS. Sedangkan, sekolah yang belum menggelar PTM tersebut sebanyak 293 sekolah, yang terdiri ataa 211 SD dan 82 SMP. 

Baca Juga: Kasus Dinar Candy Berbikini di Jalan Raya Belum Usai, Berkas Kini Dilimpahkan ke Jaksa

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Bandung Batat Dadang A Sapardan mengatakan, merujuk pada Surat Keputusan Bersama 4 Menteri, PTM terbatas tak mewajibkan pelajar sudah divaksinasi. Namun, guru dan tenaga tata usaha harus sudah divaksin.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X