Puluhan Warga Kini Diburu Polisi, Diduga Beli Sertifikat Vaksin Ilegal

- 16 September 2021, 18:50 WIB
Ilustrasi sertifikat vaksin.
Ilustrasi sertifikat vaksin. /Pixabay/wir_sind_klein

PIKIRAN RAKYAT - Kepolisian Daerah Jawa Barat memburu puluhan warga yang memiliki sertifikat vaksin ilegal

Seperti diketahui sebelumnya, Polda Jabar mengungkap penjualan vaksin ilegal tersebut melalui media sosial dengan harga terjangkau.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago saat diwawancarai di Mapolda Jabar, di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung pada Kamis, 16‎ September 2021.

Menurut Erdi para pemegang sertifikat vaksin ilegal ini dapat dikenai pidana jika sengaja membeli sertifikat vaksin tersebut.

Baca Juga: Musdalifah Dihina Tak Pantas Punya Anak Tampan, Suami: Istri Saya Disuruh Tahan Banting

"Dapat dipastikan dikenai pidana kalau sengaja dan ternyata yang bersangkutan sedang terpapar ini kan artinya ada kesengajaan. Tapi, kita tidak bisa berspekulasi seperti itu, kita harus minta keterangan untuk meminta kepastian sengaja atau tidak, mohon waktulah hasil dari pemeriksaan," ujarnya.

Saat ini, kata Erdi, Direktorat Reserse Kriminal Khusus  Polda Jabar tengah melakukan pengembangan dari keterangan para pelaku. Nantinya, akan diketahui siapa saja dan di mana lokasi para pembeli sertifikat ilegal tersebut.

"Ini sedang dikembangkan terkait orang-orang yang menggunakan sertifikat ilegal tersebut, karena saat dalam pemeriksaan itu masih terfokus pada pelaku, nanti akan dilihat di jalur pemesanannya melalui media sosial, mungkin juga sudah didapatkan nomor HP nya masing-masing," katanya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 17 September 2021: Aries, Taurus, Gemini, Pikirkan Dulu Sebelum Menolak Cinta Seseorang

Ditreskrimsus Polda Jabar pun lanjut Erdi belum dapat memastikan para pembeli sertifikat vaksin ilegal ini apakah semuanya berasal dari Jawa Barat atau tersebar di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X