Senin, 9 Desember 2019

Arsitek Achmad Noe'man Meninggal Dunia

- 4 April 2016, 09:50 WIB

BANDUNG, (PR).- Arsitek senior Achmad Noe'man tutup usia hari ini, Senin, 4 April 2016, di RS Borromeus Bandung pukul 15.42 WIB.

Kabar duka itu diterima "PR" dari salah seorang Ketua Yayasan Pendidikan Masjid Salman Budhiana Kartawijaya. "Iya betul, meninggal tadi. Sudah sepuh, usianya sekitar 90 tahun," katanya.

Noe'man yang dijuluki Arsitek Seribu Masjid itu merancang beberapa masjid tersohor, seperti Masjid Salman ITB, Masjid At-Tin Jakarta, Masjid Raya Batam, Makassar, Bontang, Kalimantan Timur, dan lainnya. Masjid rancangannya juga ada di Palestina dan Bosnia. Masjid rancangan Noe'man biasanya bercirikan tanpa menggunakan kubah.

Ia dikenal aktif di IAI Ikatan Arsitek Indoensia (IAI), Dewan Kehormatan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia. Ia juga pernah mengajar di ITB. Noe'man juga tercatat sebagai Dewwan Pembina Dompet Dhuafa Bandung.

Belum diketahui di mana Nu'man akan dimakamnkan. Namun, putranya yang juga seorang arsitek Irvan Noe'man yang terlbih dahulu meninggal dunia dimakamkan di Cikutra. "Di sana ada makam keluarga. Bisa jadi di sana, tapi belum ada kabar selanjutnya," kata Budi.***



Editor: Catur Ratna Wulandari

Tags

Komentar

Terkini

X