Kamis, 27 Februari 2020

Ketapang Kencana Peneduh Jalan Merdeka

- 4 Maret 2016, 10:05 WIB
TANAMAN ketapang kencana di Jalan Merdeka Kota Bandung.*

BANDUNG, (PRLM).- Pohon ketapang kencana (Terminalia mantaly) menjadi salah satu tanaman populer pelengkap taman. Pohon ini banyak dipilih sebagai peneduh yang cantik. Batang ketapang kencana tidak terlalu besar, namun bisa tumbuh tinggi. Daunnya kecil-kecil dan rimbun. Cabangnya datar dan berlapis-lapis tumbuh menyerupai kanopi yang melebar.
 
Tanaman ini paling cocok ditanam di area yang luas. Namun, bukan berarti tidak bisa ditanam di area sempit. "Tinggal di potong bagian atas, atau dipangkas ringan di bagian sampingnya," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung Amin Priatna, Jumat, 4 Maret 2016.
 
Di Kota Bandung, ketapang kencana bisa ditemukan di Jalan Merdeka. Tepatnya di trotoar Balai Kota Bandung. Selain itu juga terdapat di Alun-alun Kota Bandung, posisinya di dekat Masjid Raya Bandung, serta di Teras Cikapundung.
 
Tidak sulit merawat ketapang kencana. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari dan siram secara teratur. Harga ketapang kencana tergantung pada ketinggiannya. Semakin tinggi pohon, semakin mahal harganya. Ketapang kencana setinggi 50 cm harganya sekitar Rp 100.000. Pohon ini tingginya bisa mencapai 8 meter. (Catur Ratna Wulandari)***


Editor: Catur Ratna Wulandari

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X