Gempa Tektonik Berkekuatan 2.6 M Mengguncang Wilayah Kabupaten Bandung

- 15 April 2021, 21:57 WIB
Ilustrasi gempa bumi. Gempa 5,2 magnitudo mengguncang Belitung Sulawesi Utara pada 13 April 2021 malam WIB, namun berdasarkan laporan BMKG tak berpotensi tsunami.
Ilustrasi gempa bumi. Gempa 5,2 magnitudo mengguncang Belitung Sulawesi Utara pada 13 April 2021 malam WIB, namun berdasarkan laporan BMKG tak berpotensi tsunami. /Pixabay/Tumisu.

PIKIRAN RAKYAT - Pada Kamis 15 April 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya.

BMKG melaporkan gempa bumi tektonik terjadi sekira pukul 20:28 WIB.

Berdasarkan hasil analisa, gempa bumi yang terjadi berkekuatan 2.6M.

Episenter terletak paa koordinat 7.23 LS dan 107.69 BT, atau tepatnya berlokasi di darat dengan jarak 13 km Tenggara dari Kabupaten Bandung dari kedalaman 8 kilometer.

Baca Juga: Wai Moe Naing Pemimpin Unjuk Rasa Myanmar Ditangkap Junta Militer

Baca Juga: Tiga Kali Mangkir Persidangan, Oknum Kades Terdakwa Korupsi Dinyatakan Bersalah

Baca Juga: Jangan Main-main, Angkut Penumpang di Tengah Larangan Mudik 2021 Akan Ditindak

Berdasarkan laporan yang diterima Pikiran-Rakyat.com, BMKG melaporkan jika melihat lokasi episenter titik gempa dan kedalamannya, guncangan yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Adapun dampak yang terjadi berdasarkan peta tingkat guncangan BMKG dan laporan warrga setempat gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pacet, Ibun, Pasirwangi, Kamojang, Pangalengan dengan Skala Intensitas II MMI.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X