Singgung Bahaya Zona Aktif Lembang, Luhut Binsar Pandjaitan Ungkap 9 Wilayah Rawan Gempa Bumi 2021

- 4 Maret 2021, 16:04 WIB
Ilustrasi gempa bumi. /Pixabay/HaticeEROL

PIKIRAN RAKYAT – Sembilan wilayah potensi gempa bumi yang perlu diwaspadai pada tahun 2021 diungkapkan Luhut Binsar Pandjaitan, selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Luhut Binsar Pandjaitan di antara sembilan wilayah itu, Selat Sunda-Banten serta Lembang, Jawa Barat juga masuk dalam wilayah yang harus diwaspadai.

Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan ke sembilan wilayah yang dimaksud yakni, Mentawai, Bengkulu-Lampung, Selat Sunda-Banten, Selatan Bali, Sulawesi Utara-Laut Maluku, Aceh, Sorong, Matano dan Lembang.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2021 di Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.

 Baca Juga: Teka-Teki Pengangkatan Ketua PBNU Said Aqil Siradj Jadi Komisaris PT KAI Terjawab, BUMN: Kita Butuh

Baca Juga: Honda dan Suzuki Luncurkan CBR150R dan R15 Baru, Suzuki: Kami Tidak Akan Tinggal Diam

"Ini harus kita waspadai semua," ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan analisa, mengenai sembilan wilayah tersebut dilakukan berdasarkan data potensi zona aktif, seismic gap dan hubungan frekuensi gempa dan magnitudonya.

"Ini kapan terjadi? Kita tidak tahu, tapi akan terjadi. Bisa saja 10, 20, 30 atau 50 tahun lagi akan terjadi tapi kapan saja itu bisa terjadi. Misal lempengan Lembang itu, itu sudah banyak yang cerita kepada kita, memberikan briefing betapa itu juga bisa bahaya karena pergeseran itu. Padahal itu melewati kota Bandung," tuturnya.

 Baca Juga: Remaja Myanmar Tewas Saat Demonstrasi, Ma Kyal Sin Minta Organ Tubuhnya Didonorkan

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X