Lukisan Dilelang untuk Selamatkan Habitat Burung Merandai di Kampung Blekok Bandung

- 3 Maret 2021, 13:37 WIB
Lelang lukisan untuk selamatkan habitat burung merandai /Pikiran Rakyat/Novianti

PIKIRAN RAKYAT - Prihatin dengan keberadaan habitat burung merandai di Kampung Blekok Rancabayawak, yang kian lama memang kian menyempit bahkan bisa hilang, Ekolog yang juga Ketua Balai Pengelola Tahura Ir H Djuanda Lianda Lubis melakukan lelang sketsa burung merandai.

Dia pun mengajak para kolektor seni gambar dan masyarakat umum terlibat dalam penyelamatan habitat burung blekok di Kota Bandung saat ini.

"Saya lelang drawing ini untuk memulai tindakan konservasi terhadap habitat yang tersisa," ujar dia, Selasa 2 Maret 2021.

Pada tahap awal, kata dia, dana akan dialokasikan untuk inventarisasi habitat. Di sini perlu surveyor dan termasuk di dalamnya para fotografer.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19 Masuk ke Indonesia, Kemenkes: Kita Hadapi Tingkat Kesulitan yang Semakin Berat

Baca Juga: Jakarta Uji Coba Tarif Parkir Berbasis Emisi, Dilaksanakan di Tiga Titik

"Mereka tentu kebanyakan relawan, nah saya coba bantu dana opetasional mereka dari hasil penjualan sketsa-sketsa yang saya buat. setelah invetarisasi dilakukan, maka daya akan mengajak para pakar dan pemerhati burung untuk bersama-sama menyusun langkah strategis dan taktis penyelamatan burung-burung dan habitatnya. Di sini tentu akan perlu dana. bila perlu saya akan buatkan sketsa lagi dan saya lelang untuk pendanaannya," tutur Lian.

Saat ini, kata dia, sudah ada 3 lukisan. Namun yang akan dilelang satu dulu, karena yang duanya itu masih dipertimbangkan apakah ikut lelang bersama atau donasi yang lain.

Lian mengatakan, jika lelang ini berhasil, dia akan membuat yayasan pelestarian habitat burung liar dan melibatkan banyak para biolog, ekolog, sosiolog, planolog muda lainnya yang peduli pada habitat liar.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X