Menlu Anthony Blinken Tekankan AS Akan Terus Membela dan Berbisnis dengan Arab Saudi

- 28 Februari 2021, 07:16 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. /REUTERS/Carlos Barria/Pool


PIKIRAN RAKYAT - Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken, mengatakan hubungan Washington dengan Arab Saudi penting dan mencerminkan nilai bersama antara kedua negara.

“Hubungan dengan Arab Saudi itu penting. Kami memiliki minat berkelanjutan yang signifikan. Kami tetap berkomitmen untuk membela Kerajaan,” kata Blinken saat konferensi pers di Departemen Luar Negeri AS, dikutip dari Arab News, Minggu, 28 Februari 2021.

Blinken juga menegaskan kembali minat Amerika Serikat untuk terus berbisnis dengan Kerajaan, dengan menyatakan bahwa hubungannya 'lebih besar daripada satu individu'.

Baca Juga: Uni Eropa Vs Indonesia, Mendag Siap 'Perang' Hadapi Gugatan Jilid II di WTO Soal Kebijakan Ekspor Minerba

Baca Juga: Terkuak, 3 Alasan China Ingin Kuasai Laut Natuna Utara, Salah Satunya Bidik Kapal Selam Nuklir

Sementara itu, sekretaris pers Pentagon John Kirby mengatakan bahwa Arab Saudi tetap menjadi 'mitra strategis di kawasan'.

"Dari perspektif militer, seperti yang telah saya katakan berkali-kali, kami menganggap serius komitmen keamanan kami ke Arab Saudi sehubungan dengan kemampuan mereka untuk membela diri, dan mereka memang perlu membela diri, terutama di sepanjang perbatasan selatan itu," ujar Kirby.

Hubungan antara AS dan Saudi sebelumya sempat diganggu oleh laporan intelijen yang menyebut Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman sebagai orang yang menyetujui atau memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Namun, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan pihaknya telah mengikuti laporan yang disampaikan kepada Kongres AS mengenai pembunuhan keji warga Saudi Jamal Khashoggi.

Baca Juga: Selain dari Agung Sucipto, Terkuak Nurdin Abdullah Terima Suap dari Kontraktor Lain

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Arab News


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X