Pegiat Seni Budaya Menjerit, Budayawan: Seni Miliki Nilai Jual, Jual Kendang, Jual Kulkas

- 22 Januari 2021, 15:21 WIB
Tempat pembuatan angklung yang sepi tanpa pekerja di Saung Angklung Udjo (SAU), Jalan Padasuka, Kota Bandung, Rabu, 20 Januari 2021. /Pikiran-rakyat.com/Arif Hidayah

PIKIRAN RAKYAT - Kalangan seniman dan budayawan meminta pemerintah segera turun tangan dengan aksi nyata untuk menyelamatkan sektor pariwisata seni dan budaya di Jawa Barat yang terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Sejak awal pandemi, banyak seniman yang kesulitan bertahan hidup, hingga memutuskan beralih profesi.

"Kalau Saung Angklung Udjo yang sudah mapan saja bisa terpuruk, apalagi seniman-seniman kecil di daerah," ucap budayawan dan pemerhati seni Jawa Barat, Nana Munajat, ketika berbincang dengan "PR", Kamis 21 Januari 2021.

Nana mengatakan, ia yang hampir setiap pekan berkeliling daerah untuk bersilaturahmi dengan seniman-seniman di Jawa Barat menyaksikan langsung, kesulitan yang dihadapi. Kondisinya sangat memprihatinkan.

Baca Juga: Jadi Keturunan Pahlawan, Intip Kehidupan Mewah Alleta Molly Cicit dari Cut Nyak Meutia

"Mereka berbulan-bulan tidak manggung. Akhirnya ya kembali pada pepatah bahwa seni harus memiliki nilai jual, ya mereka menjual kendang, menjual kulkas, atau barang-barang di rumah untuk bertahan hidup," kata Nana.

Dia menegaskan, seniman bukan merupakan kaum dhuafa yang harus diberikan bantuan. Hanya saja, ia berharap agar pemerintah memberikan stimulus untuk lebih memberikan ruang berkreasi dan beraktivitas, meskipun harus dilakukan secara virtual.

"Coba duduk bersama dan mencari solusi terbaik. Hentikanlah proyek-proyek fisik seperti pembangunan gedung kesenian yang akhirnya mangkrak. Coba support kantong-kantong budaya secara riil," ujarnya.

Baca Juga: Puan Maharani Teken SK Persetujuan DPR RI Terkait Pengangkatan Listyo Sigit Jadi Kapolri

Disebutkan Nana, kondisi saat ini yang terjadi antara seniman dan pengusaha restoran serta hotel sangat mencolok mata.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X