Sadang Serang Kelurahan Percontohan di Bandung dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Aplikasi

- 22 Januari 2021, 08:36 WIB
Sadang Serang Kota Bandung dipilih menjadi percontohan penggunaan aplikasi jemput sampah nonorganik. /Pikiran-rakyat.com/Novianti Nurulliah

PIKIRAN RAKYAT - Setelah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, aplikasi pengelolaan sampah Greeny melakukan sosialisasi pada tingkat kota. 

Kelurahan Sadang Serang Kota Bandung, dipilih menjadi percontohan penggunaan aplikasi jemput sampah nonorganik tersebut. 

Menurut data dari Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung, Setiap warga Kota Bandung menghasilkan sampah 0,6 kg atau total volume mencapai angka 1.600 ton sampah per hari, namun ironisnya hanya 1.200 ton sampah per hari yang mampu dikelola. 

 Baca Juga: Dijodohkan dengan Bupati, Anya Geraldine Buka-bukaan Alasan Menolak: Uang Harus Diumpetin

Dari jumlah sampah tersebut dimana 30 persen di antaranya merupakan jenis sampah nonorganik dan 10 persen lainnya merupakan sampah plastik.  

Berbagai program ditempuh oleh Pemerintah Kota Bandung guna memperbaiki pengelolaan sampah dan peduli lingkungan di tingkat warga seperti ‘Buruan SAE’ dan ‘Kang Pisman’. 

Di kelurahan Sadang Serang misalnya, sebanyak 7 RW di kelurahan Sadang Serang sudah secara aktif menjalankan program tersebut dibawah koordinasi langsung Lurah Sadang Serang, Hasan Arifin. 

 Baca Juga: Mendadak Singgung Soal Nafkah Anak, Mantan Istri Daus Mini: Semua Akses Diblokir

"Program ini cukup baik jika dilakukan secara aktif dan berkesinambungan oleh seluruh warga, RT/RW hingga tingkat Kelurahan serta Kecamatan. Hanya saja  jika program pengelolaan sampah ini bisa dilakukan lebih efektif, efisien, dan menguntungkan untuk warga tentu akan jauh lebih menarik," ujar dia dalam webinar, Kamis, 21 Januari 2021. 

Melihat kondisi ini, kata dia, potensi penggunaan teknologi yang sudah semakin dilirik oleh masyarakat demi memudahkan berbagai kegiatan harus dilakukan juga untuk pengolahan sampah agar lebih efektif, efisien, praktis serta menguntungkan warga di lingkungan Kelurahan Sadang Serang

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X