Percepat Produksi Peluncur Roket, Korea Utara Perluas Pabrik Senjata

- 24 November 2020, 16:50 WIB
Korea Utara. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Korea Utara dikabarkan tengah memperluas pabrik kendaraan tempur terlacak, seperti tank dan peluncur rudal di Kusong, Provinsi Pyongan Utara.

Diketahui, pabrik Kusong sudah memproduksi peluncur erector transporter terlacak Pukguksong-2.

Perluasan pabrik ini diharapkan Korea Utara dapat memproduksi kendaraan terlacak secara massal untuk rudal Iskander, rudal Army Tactical Missile System (ATACMS) dan beberapa peluncur roket yang masih dalam pengembangan.

Baca Juga: Ungkap Cara agar Tak Tergoda Korupsi, Dede Yusuf: Mau Perkaya Diri Sendiri atau Punya Nama Baik?

"Gambar satelit terbaru dari pabrik tangki Kusong, mengungkapkan aktivitas konstruksi baru, termasuk penambahan aula pabrik besar baru yang, jika selesai, akan menjadi struktur terbesar di lokasi tersebut," tulis Blog AS Arms Control Wonk pada 20 November 2020.

"Tanda-tanda pertama dari aktivitas ini ditangkap dalam gambar antara 6 dan 30 Agustus, dengan penambahan yang terlihat dari dinding luar bangunan pabrik besar yang lebih terlihat dalam citra terbaru dari 13 November," tambahnya, dikutip Pikiran-rakyat.com dari Chosun. 

Forum Pertahanan dan Keamanan Korea, Shin Jong-woo mengatakan, perluasan pabrik Kusong menunjukan bahwa rezim dapat meningkatkan kapasitas produksi dari peluncur bergerak jarak pendek dan peluncur roket super besar.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Probolinggo Dirawat di RS karena Covid-19, Habib Hadi Memohon Doa

Para ahli berspekulasi bahwa Korea Utara akan segera mampu memproduksi tank baru secara massal dan howitzer self-propelled.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Chosun


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X