Pikiran Rakyat
USD Jual 14.004,00 Beli 14.102,00 | Berawan, 26.8 ° C

Uu: Mengamalkan Ajaran Islam, Solusi untuk Menjawab Tantangan Industri 4.0

Sarnapi
WAKIL Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat berceramah memperingati Maulid Nabi Muhammad di Dome Al Ma'soem, Jumat, 8 November 2019, yang dihadiri ribuan siswa dan guru Yayasan Al Ma'soem.*/SARNAPI/PR
WAKIL Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat berceramah memperingati Maulid Nabi Muhammad di Dome Al Ma'soem, Jumat, 8 November 2019, yang dihadiri ribuan siswa dan guru Yayasan Al Ma'soem.*/SARNAPI/PR

BANDUNG, (PR).- Ada yang berbeda dalam peringatan Maulud Nabi Muhammad Saw di lingkungan Yayasan Al Ma'soem, Jumat, 8 November 2019. Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum tampil sebagai penceramah mengenai menjawab tantangan era industri 4.0.

"Saya biasanya diminta memberikan sambutan atau membuka acara. Pihak ajudan juga sudah menyiapkan teks sambutan," kata Uu di Dome Al Ma'soem. Namun ketika sampai di komplek pendidikan Al Ma'soem Jln. Raya Rancaekek, Uu ternyata harus menjadi penceramah. "Alhamdulillah saya hidup dan besar di pesantren sehingga semoga bisa memberikan tausiah," ujarnya.

Dalam menghadapi tantangan zaman termasuk era industri 4.0, kata Uu, harus dijawab dengan prestasi akademik dan mengamalkan agama. "Pemahaman dan pengamalan terhadap ajaran Islam akan menjadi benteng dalam menghadapi semua kondisi zaman. Kita takkan mudah goyah, stres apalagi frustrasi kalau pegang agama," ujarnya.

Para siswa dan mahasiswa Al Ma'soem, kata Uu, harus memegang ilmu mendasar yakni tauhid. "Kalau kita tak mengenal Allah dan nabinya, maka kita akan cepat goyah dalam menghadapi masalah dalam hidup ini. Orang yang bertauhid disebut mukmin dengan janji akan hadapi dunia dengan sabar dan tawakal lalu di akhirat masuk surga," katanya.

Sedangkan ilmu lainnya adalah ilmu fikih atau syariat berkaitan dengan pelaksanaan ibadah. "Bagaimana kita Salat, puasa, membayar zakat, melaksanakan ibadah haji dibahas dalam ilmu fikih," katanya.

Sedangkan Ketua Yayasan Al Ma'soem Bandung, Ceppy Nasahi Ma'soem mengatakan, ceramah kali ini disampaikan wakil gubernur karena posisinya juga sebagai panglima santri dan penceramah. "Nabi Muhammad sendiri memiliki banyak tugas baik sebagai utusan Allah maupun kepala negara dan kepala rumah tangga," katanya dalam acara dihadiri ribuan siswa SMP, SMA dan mahasiswa Universitas Ma'soem.***

Bagikan: