Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 23.4 ° C

November, KPU Mulai Sosialisasikan Pilkada Kabupaten Bandung 2020

Hendro Susilo Husodo
ILUSTRASI pilkada serentak.*/DOK PR
ILUSTRASI pilkada serentak.*/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Setelah melakukan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pada 1 Oktober lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung akan mulai menyosialisasikan Pilbup Bandung 2020 pada awal November mendatang. Sosialisasi Pilkada serentak oleh KPU pada tahun ini menggunakan anggaran sekitar Rp 225 juta.

"Setelah penandatanganan NPHD, maka nanti awal November kami sudah melakukan sosialisasi dua hal. Yang pertama sosialisasi terkait dengan tahapan Pilkada, yang kedua sosialisasi atas dukungan calon perseorangan," kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya, Rabu 16 Oktober 2019.

Meski begitu, menurut dia, sementara ini KPU belum menentukan sosialisasi Pilkada tersebut akan dilakukan seperti apa. Pasalnya, sosialisasi bisa dilakukan dalam beberapa cara, baik sosialisasi yang menggunakan media atau tidak. Medianya pun beragam jenis.

"Ya nanti desain sosialisasinya bisa berupa tatap muka dengan stakeholder, atau bisa juga dengan alat peraga seperti spanduk dan sebagainya. Nanti kami akan bicarakan lebih teknis lagi. Mulai 1 November, insha Allah sosialisasi dua hal itu kami sampaikan kepada masyarakat," katanya.

Sosialisasi Pilkada tersebut, lanjut dia, juga memiliki pilihan apakah akan dilakukan melalui media massa, baik media cetak, elektronik, atau daring (online). "Termasuk apakah nanti dengan media massa, kami akan lihat lebih teknis lagi," ujarnya.

Agus menyebutkan, sosialisasi Pilkada yang akan dilakukan pada tahun ini merupakan sosialisasi mengenai tahapan Pilkada. Sosialisasi yang lainnya bakal dilakukan pada 2020, karena terkait dengan anggaran. "Rencananya untuk tahun ini hanya Rp 225 juta sekian. Yang lain itu berarti di tahun anggaran 2020," ucapnya.***

Bagikan: