Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Sedikit awan, 25 ° C

Puri Bambu, Destinasi Digital yang Instagramable

Retno Heriyanto
MENTERI Pariwisata, Arief Yahya terus mendorong munculnya destinasi digital.*/ISTIMEWA
MENTERI Pariwisata, Arief Yahya terus mendorong munculnya destinasi digital.*/ISTIMEWA

BANDUNG, (PR).- Destinasi Digital di Jawa Barat (Jabar) kembali bertambah seiring diresmikannya Puri Bambu di Bojongkoneng, Cimenyan Kab. Bantung, Jumat 11 Oktober 2019. Peresmian Destinasi Digital Puri Bambung langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Menurut Menpar Arief Yahya, dengan hadirnya destinasi digital Puri Bambu ini, kaum milenial tentu makin punya banyak pilihan saat berwisata. Apalagi, destinasi digital ini menyajikan apa yang dibutuhkan kaum milenial. 

"Destinasi Digital tersebut menyajikan konten yang jarang ada. Spot-nya juga instagramable, di sana ada 3 beautifull view. Ada hutan bambu, spot sunrise, dan city light. Kulinernya banyak, hiburannya juga selalu ada. Silakan datang dan ramaikan launching destinasi digital Puri Bambu," kata Menpar Arief.  

Sementara itu Kadispar Kabupaten Bandung Agus Firman Zaelani mengatakan, banyak keseruan yang didapat pengunjung di Puri Bambu. Mulai dari pertunjukan budaya, live music, workshop, hingga sajian kuliner khas Cimenyan Bandung.  

"Kesenian yang ditampilkan bertema bambu dan alat musik kreatif lainnya. Hal ini sesuai dengan nama destinasi digital Puri Bambu yang menjadi tempat kreatifnya anak muda. Ada Tarawangsa, Tari Merak, Angklung Saung Mang Udjo, dan lainnya yang siap menghibur pengunjung," ujarnya.  

Aneka kuliner

Soal kuliner juga sudah pasti lengkap. Cimenyan sendiri terkenal dengan potensi kuliner berupa tape singkong atau peuyeum dan madu. Selain itu, ada olahan pangan lain dari singkong, jagung, tepung beras dan sayur sayuran serta umbi umbian. 

Di pasar ini juga akan dihadirkan minuman tradisional yaitu bandrek dan bajigur dan kopi yang berasal dari Jawa Barat.  Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan menjelang launching antara lain Bimtek Architektur bambu, craft, kuliner, serta program lingkungan penanaman pohon dan kegiatan lingkungan lainnya.  

Agus menjelaskan, launching destinasi digital Puri Bambu Bojongkoneng ini akan dimulai pukul 14.00 – 17.00 WIB. Alasan nama destinasi digital ini, lanjut dia, dikarenakan seluruh kegiatan promosi dan lain halnya menggunakan platform media sosial dan media digital lainnya.  

"Kita mengambil tema ‘Destinasi Digital Puri Bambu’ dengan maksud supaya kegiatan ini bisa sustain. Dengan format destinasi digital, ke depannya bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya di lokasi acara. Serta menciptakan destinasi baru untuk wisatawan di kawasan Bandung Utara," tuturnya.  

Material lokal

Tak hanya mengangkat destinasi digitalnya, pengambilan tema juga ditujukan untuk terus memperkenalkan bambu sebagai salah satu material lokal. Tak heran, jika keseluruhan bangunan di destinasi ini didominasi oleh material bambu. Untuk melindungi sekaligus mempercantik tampilannya, bambu-bambu ini dicat dengan menggunakan produk Propan Woodstain, yang diproduksi oleh Propan Raya.  Selain Propan Woodstain, produk cat Propan lainnya yang mempercantik Destinasi Digital Puri Bambu adalah Sicosol (batu alam), Propan Acrylux (kayu finishing solid), Decorshield (dinding tembok), dan Ultraproof (homepot).    

“Sesuai dengan misi kami, Propan Raya selalu siap mendukung pembangunan Indonesia termasuk mengembangkan dan melestarikan pariwisata Indonesia. Semoga dengan hadirnya beragam cat Propan, akan mempercantik sekaligus melindungi semua bangunan di sini, dari mulai bangunan utama, amphitheater, bahkan hingga ke fasilitas umum seperti musala dan toilet,” ucap Direktur Propan Raya, Yuwono Imanto.  

Bagi Anda yang tertarik mendatangi destinasi ini, jangan khawatir akses menuju Cimenyan tidaklah susah dan relatif bebas dari macet meski saat liburan. Apabila Anda datang dari Jakarta, keluar tol Pasteur, lewati Gedung Sate, lalu lurus mengikuti Jl. Surapati, belok ke Jl. Cikutra, terus belok ke Bojong Koneng, langsung ke lokasi. Amenitasnya juga lengkap dengan dukungan penginapan dan hotel di sekitar lokasi destinasi.  

"Tujuan utama kita memang ingin memeratakan kunjungan wisatawan agar tidak menumpuk di Bandung Selatan. Apalagi di Bandung Utara destinasinya juga tidak kalah oke," jelas Agus.  

Tak dapat dimungkiri jika Puri Bambu memang keren. Destinasi ini adalah sebuah taman wisata yang terletak di timur kota Bandung. Tepatnya berada di area perbukitan-perbukitan. Nuansa pegunungan begitu terasa di tempat ini.  Pemandangannya ciamik. Dari timur wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan alam. Sedangkan dari arah selatan wisatawan akan disuguhi pemandangan kota. Gemerlap lampu di malam hari bakal menambah syahdunya tempat ini. Jadi jangan lupa datang dan nikmati Destinasi Digital Puri Bambu.***
 

Bagikan: