Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32.8 ° C

Ribuan Atlet Ikuti Kejuaraan Renang dan Selam Pusdiklat Paskhas

Sarnapi
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

SOREANG,(PR).- Ribuan atlet renang dan selam dari seluruh Jawa Barat mengikuti kejuaraan renang dan selam Pusdiklat Paskhas di kolam renang Basso Nai Lanud Sulaiman, Sabtu-Minggu, 21-22 September 2019. Kejuaraan tahunan ini diharapkan melahirkan bibit-bibit atlet mumpuni untuk regenerasi atlet renang dan selam Jawa Barat.

Menurut Komandan Pusdiklat Paskhas, Anis Nurwahyudi, kejuaraan bertajuk "Baringga Swimming and Finswimming Championships 2019" tersebut sekaligus peresmian klub renang Jingga Shark Aquatic. "Klub ini dibina langsung Pusdiklat Paskhas bagi prajurit dan keluarganya maupun warga masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk atlet yang mengikuti kejuaraan renang lebih dari 700 anak, sedangkan kejuaraan selam diikuti 300 anak dari Jawa Barat bahkan provinsi lainnya. "Alhamdulillah kejuaraan renang dan selam ini mendapat sambutan meriah dari klub-klub renang maupun sekolah yang memiliki ekskul renang sehingga pesertanya membeludak," katanya.

Sementara itu Sekretaris Umum Persatuan Republik Indonesia (PRSI) Jabar, Vera Ariesa, menyambut baik adanya kejuaraan renang dan selam ini untuk pelajar dari tingkat SD/MI sampai SMA/SMK/MA. "Tahun lalu kejuaraan ini baru untuk untuk renang, tapi tahun ini ditambah dengan cabang selam. Semoga kejuaraan ini bisa digelar rutin setiap tahunnya," katanya.

Adapun cabang renang, kata Vera, merupakan cabang olahraga yang memperebutkan banyak medali. "Renang merupakan cabang andalan Jawa Barat karena PON tahun 2016 bisa meraih 23 emas. Untuk PON Papua tahun depan saat ini sedang persiapan babak kualifikasi renang," katanya.***

Bagikan: