Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32.2 ° C

Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019, Ridwan Kamil Ingatkan Soal Penggunaan Transportasi Massal

Novianti Nurulliah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 tingkat Jawa Barat di kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kamis, 19 September 2019.*/NOVIANTI NURULLIAH/PR
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 tingkat Jawa Barat di kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kamis, 19 September 2019.*/NOVIANTI NURULLIAH/PR

CIKARANG, (PR), - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta insan perhubungan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi publik. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan akan tidak efektif jika masyarakat tetap menggunakan kendaraan pribadi.

"Yang terpenting kita harus motivasi warga harus naik transportasi publik. Dalam teori tata kota/wilayah kalau hanya mengandalkan penggunaan kendaraan pribadi kita hanya menunggu beban masalah itu akhirnya mencapai puncaknya lagi nanti macet lagi dilebarkan lagi (jalannya)," ujar Ridwan pada saat sambutan peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 tingkat Jawa Barat di kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kamis, 19 September 2019. 

Menurut dia, di negara maju 70 persen warganya menggunakan transportasi publik. Sisanya 30 persen menggunakan kendaraan pribadi. Sebaliknya, di Indonesia termasuk Jabar kondisinya terbalik. Warga lebih banyak menggunakan transportasi pribadi. "Mudah-mudahan bisa dibalikkan menjadi ideal," ucap Ridwan.

Di sisi lain, Pemprov terus mengembangkan jalur transportasi. Di antaranya reaktivasi empat jalur kereta api, kereta cepat yang ditargetkan rampung pada 2021, BIJB sudah beroperasi, Bandara Sukabumi tengah dikaji kelayakannya, Bandara Pangandaran sedang dilelang investasi. Hingga jalur tol dibangun seperti Cisumdawu, Bocimi termasuk di Kabupaten Bekasi tengah dikaji jalan paralel untuk jalur logistik dengan angkutan penumpang biasa.

"Idealnya angkutan penumpang dan barang dibedakan. Sekarang sedang diteliti jalan logistik dengan jalan tol. Ini adalah rencana komitmen yang sedang kita siapkan," kata dia.

Lebih jauh, pada peringatan Harhubnas 2019, Ridwan Kamil mengatakan, perhubungan merupakan sektor terpenting. Dengan banyaknya kepercayaan investor di Jabar
menandakan mereka nyaman dengan kualitas dan infrastruktur perhubungan yang melancarkan bisnis disini. Kelancaran transportasi itu ada pada kelancaran pembangunan. 

"Keberhasilan ini merupakan kolaborasi semua pihak, tadi ada perwakilan dinas, masyarakat, perusahaan, dan kepolisian. Menandakan pentingnya transportasi itu lintas dimensi. Semangat insan perhubungan mudah-mudahan terwujud. Niatkan tugas kita ini melayani, niatkan ibadah. Tangguh, tanggap, terampil, tanggung jawab mudah-mudahan diwujudkan dalam kesehariannya," ujar dia.***

Bagikan: