Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32.2 ° C

Di Tengah Situasi Kabut Asap, Penerbangan dari Bandara Kertajati Tetap Normal

Novianti Nurulliah
CALON penumpang pesawat mengantre boarding pass di Bandara Kertajati, Minggu 30 Juni 2019.*/TATI PURNAWATI/PR
CALON penumpang pesawat mengantre boarding pass di Bandara Kertajati, Minggu 30 Juni 2019.*/TATI PURNAWATI/PR

BANDUNG,(PR).- Rute penerbangan Kertajati ke lima titik penerbangan yang saat ini terdampak kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan, dan Sumatera  tetap berjalan. Penerbangan ke Hang Nadim Batam, Kualanamu Medan, Pekanbaru Riau, Banjarmasin dan Balikpapan tetap beroperasi.

Airport Operation and Performance Group Head PT BIJB Agus Sugeng Widodo mengatakan, pihaknya tetap menjalankan penerbangan ke lima destinasi tersebut karena memang secara pertimbangan teknis tidak ada masalah untuk dilakukan penerbangan menuju kesana. Namun jika BMKG selaku pihak yang berwenanang mengeluarkan rekomendasi terkait cuaca melarang adanya penerbangan karena jarak pandang, pihaknya pun akan menghentikan sementara penerbangan ke lima rute tersebut.

"Masalah asap itu masalah visibility atau jarang pandang. Kalau BMKG menyatakan aman untuk dilakukan penerbangan ya kami lakukan hal itu, kemudian tower juga mengizinkan," kata Agus, Selasa, 17 September 2019.

Menurut dia, jika kondisi asap semakin parah BMKG pun akan langsung memberikan perhatian dan meminta aktifitas penerbangan ke titik tersebut untuk dihentikan sementara. "Jadi saat ini penerbangan ke sana tetap normal, kami nunggu rekomendasi dari BMKG sebagai pihak yang punya kewenangan terkait kondisi asap saat ini," ucap dia.

Selebihnya, lanjut Agus, saat ini terdapat 12-15 penerbangan untuk sembilan rute penerbangan dari Kertajati. Saat ini tengah masa low season. Tak hanya Kertajati semua bandara pun tengah mengalami low season. Dengan kondisi normal tersebut, lanjut Agus, pihaknya tidak melapor pada Dinas Perhubungan Jabar.***

Bagikan: