Pikiran Rakyat
USD Jual 14.099,00 Beli 14.197,00 | Sedikit awan, 19.8 ° C

Damri Cimahi-Bandara Kertajati Mulai Resmi Beroperasi, Biaya Gratis Sepanjang 2019

Ririn Nur Febriani
ANGKUTAN pemadu moda Cimahi-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, mulai resmi beroperasi, Selasa 17 September 2019.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR
ANGKUTAN pemadu moda Cimahi-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, mulai resmi beroperasi, Selasa 17 September 2019.*/RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Selain meresmikan umum/kota (angkot) jurusan Citeureup-Cimindi, Pemerintah Kota Cimahi juga meresmikan angkutan pemadu moda Cimahi-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Selasa 17 September 2019. Peresmian berlangsung di pelataran Apartemen The Edge, Jalan Baros, Kota Cimahi. Turut diberangkatkan bus Damri menuju bandara sesuai jadwal pukul 11.00 WIB.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna didampingi Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keberadaan trayek bus Damri Cimahi-Bandara Kertajati.

"Kota Cimahi dipilih berarti ada potensi penumpang yang tinggi. Trayek baru ini tentu saja diharapkan dapat memicu efek multiplier positif terhadap aktivitas perekonomian di Cimahi demi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)," ucap Ajay, Selasa, 17 September 2019.

Keberadaan rute Cimahi-BIJB tidak hanya untuk warga Cimahi, tapi bisa juga diakses daerah sekitar. "Apalagi, layanan transportasi umum ke BIJB sangat dibutuhkan masyarakat," katanya.

Direktur Keuangan Damri Sri Purwanto mengatakan, Damri membuka layanan Cimahi-Kertajati sesuai kenaikan permintaan masyarakat. "Damri sudah membuka layanan untuk BIJB Kertajati di Bandung, Tegal, Cirebon, Karawang dan sekarang Cimahi," ujarnya.

Saat ini, pihaknya menyediakan empat unit armada dengan keberangkatan sebanyak lima kali perhari mulai pukul 02.00-14.00 WIB dengan rentang waktu keberangkatan tiap tiga jam. "Jika permintaan meningkat, kami akan tambah jam keberangkatan," ucapnya.

Damri menawarkan kenyamanan hingga efektif, efisien, dan ekonomis. "Sampai akhir tahun 2019 masih gratis, kalaupun sudah ada tarif kami lebih terjangkau. Tidak perlu biaya besar dibanding bawa kendaraan sendiri sampai ke Kertajati," katanya.

Diakui, dalam masa sosialisasi, daya angkut Damri Cimahi-BIJB Kertajati masih sedikit. "Volume penumpang masih sedikit. Karena itu, lewat peresmian ini kita terus tingkatkan sosialisasi agar masyarakat tahu dan berminat naik Damri ke BIJB Kertajati," tuturnya.

Layanan gratis

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Kementrian Perhubungan RI Agung Hartono mengatakan, Kementerian Perhubungan memfasilitasi layanan gratis ke BIJB Kertajati dalam bentuk subsidi operasi ke pihak Damri.

"Dilaksanakan sepanjang 2019 sebagai langkah mendukung pengenalan dan sosialisasi sehingga masyarakat lebih banyak tahu soal BIJB Kertajati. Dengan demikian, pada saatnya bisa memberi manfaat baik masyarakat, bandara, maupun Damri," ujarnya.

Seiring dinamika lapangan, lanjut Agung, layanan transportasi ke bandara tersebut bisa ditingkatkan. "Masyarakat dapat kepastian layanan sehingga bisa memberi kesempatan baik bagi tumbuh kembang perekonomian maupun tingkat kunjungan ke Cimahi-Kertajati dan sebaliknya," ucapnya.***

Bagikan: