Pikiran Rakyat
USD Jual 14.099,00 Beli 14.197,00 | Sedikit awan, 19.8 ° C

Ajay: Kita Kehilangan Tokoh yang Menerapkan Tonggak Birokrasi Pemkot Cimahi

Ririn Nur Febriani
SUASANA di rumah duka almarhum Itoc Tochija, mantan Wali Kota Cimahi 2002-2012 Itoc Tochija di Jalan Sari Asih No. 4, Kota Bandung, Sabtu, 14 September 2019.*/RIRIN NF/PR
SUASANA di rumah duka almarhum Itoc Tochija, mantan Wali Kota Cimahi 2002-2012 Itoc Tochija di Jalan Sari Asih No. 4, Kota Bandung, Sabtu, 14 September 2019.*/RIRIN NF/PR

BANDUNG, (PR).- Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, Kota Cimahi kehilangan tokoh yang sangat berjasa selama berdiri Pemerintahan Kota Cimahi atas berpulangnya mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija. Itoc yang tutup usia pada hari Sabtu, 14 September 2019, telah menerapkan sistem birokrasi di Pemkot Cimahi yang hingga kini terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita kehilangan orangtua, sahabat teman, khususnya beliau paling berjasa dalam pembentukan dasar birokrasi Pemkot  Cimahi. Saya atas nama Pemkot Cimahi turut berdukacita sedalam-dalamnya. Semoga amalannya diterima dan segala kehilafannya diampuni dan beliau husnul khotimah," ujarnya, ditemui di rumah duka di Jalan Sari Asih 4 Kota Bandung.

Ajay mengatakan, Pemkot Cimahi siap memfasilitasi berbagai keperluan untuk persiapan pemakaman Itoc. "Dari Pemkot Cimahi siap fasilitasi, pihak keluarga juga sepertinya juga siap. Kami akan bantu apapun jika dibutuhkan," ucapnya.
 

Kendati mengenal sosok almarhum, namun Ajay mengaku tak mengikuti perkembangan kondisi kesehatan Itoc. "Jujur saya kurang tahu kondisi kesehatan dan sakit yang diidapnya. Yang saya tahu memang beberapa waktu ini kesehatannya ngedrop terus," tuturnya.

Jenasah Itoc Tochija bakal dikebumikan di Bogor dan diberangkatkan pada Minggu, 15 September 2019. "Tadi komunikasi dengan keluarga mau dimakamkan di Bogor, rencananya dibawa kesana besok subuh. Mungkin saya tidak bisa hadir langsung, dari Pemkot Cimahi nanti ada perwakilan yang ikut kesana," jelasnya.

Mantan Wali Kota Cimahi pertama, HM. Itoc Tochija meninggal dunia sekitar pukul 12.45 WIB, Sabtu, 14 September 2019. Itoc meninggal dunia dalam perawatan medis di RS Hasan Sadikin Bandung.

HM. Itoc Tochija bin H. Thohir lahir di Bogor, 1 Maret 1951. Menikah dengan Atty Suharti, Itoc meninggalkan 4 orang anak dan para cucu.

Itoc menjadi Pejabat Walikota Cimahi pada tahun 2001-2002 setelah Kota Cimahi berdiri sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Itoc lalu dikukuhkan menjadi Walikota Cimahi selama 2 periode berturut-turut yaitu 2002-2007 dan 2007 – 2012. Saat ini, Itoc sedang menjalani proses hukum yang tengah membelitnya.***

Bagikan: