Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Langit umumnya cerah, 19 ° C

8 Fraksi DPRD Jabar Dibentuk, Dua Fraksi Terdiri dari Gabungan Parpol

Ecep Sukirman
GEDUNG DPRD Jawa Barat/ANDRI GURNITA/PR
GEDUNG DPRD Jawa Barat/ANDRI GURNITA/PR

BANDUNG, (PR).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat membentuk 8 fraksi. Dari jumlah fraksi tersebut, terdapat dua fraksi gabungan yakni Fraksi Gerindra Persatuan dan Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia.

Dalam sidang paripurna pengumuman fraksi yang digelar di Ruang Paripurna DPRD Jawa Barat, Rabu, 11 September 2019, Ketua Sementara DPRD Jawa Barat Taufik Hidayat menjelaskan, pembentukan fraksi-fraksi DPRD Jawa Barat ini merupakan salah satu tugas pokok pimpinan sementara DPRD. Pengumuman fraksi DPRD Jawa Barat ini tertuang dalam surat Nomor 166.3/5569-setwan persidangan dan perundang-undangan/2019.

Namun Taufik enggan berkomentar lebih rinci mengenai fraksi gabungan ini dan memilih untuk langsung meninggalkan ruangan rapat. “Hasil susunan fraksi ini merupakan hasil keputusan rapat dari masing-masing partai politik,” ujar dia.

Beberapa fraksi DPRD Jawa Barat yang telah dibentuk ini terdiri dari Fraksi Gerindra Persatuan (koalisi Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan), Fraksi PKS, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKB, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN, dan Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia yang merupakan fraksi koalisi Partai Nasden dengan Partai Perindo.

Di DPRD Jawa Barat, kekuatan fraksi Gerindra Persatuan menjadi 28 orang yang merupakan gabungan antara 25 kursi yang dimiliki Partai Gerindra dan 3 kursi dari PPP. Sedangkan kekuatan fraksi gabungan lainnya yakni Fraksi Nasdem Persatuan Pembangunan menjadi 5 kursi yang terdiri dari 4 kursi Partai Nasdem dan 1 kursi Partai Perindo.

Kekuatan fraksi lainnya masih sama dengan jumlah perolehan kursi masing-masing partai politik yang ada di DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 yakni Fraksi PKS (21 kursi), Fraksi PDI Perjuangan (20 kursi), Fraksi Partai Golkar (16 kursi), Fraksi PKB (12 kursi), Fraksi Partai Demokrat (11 kursi), dan Fraksi PAN (7 kursi).

Pembacaan pengumuman susunan fraksi DPRD Jawa Barat ini kemudian dibacakan Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan pada Setwan DPRD Jawa Barat Ika Hasilah. Dalam pembacaan pengumuman tersebut, Ika menjelaskan, pengumuman susunan pimpinan fraksi ini berdasarkan surat yang disampaikan masing-masing partai politik yang memiliki perwakilannya di DPRD Jawa Barat.

Dalam surat pengumuman pimpinan fraksi DPRD Jawa Barat itu, Ketua Fraksi Gerindra Persatuan dijabat Ricky Kurniawan, Fraksi PKS diketuai Haru Suandharu, Fraksi PDI Perjuangan dipimpin Memo Hermawan, dan Ketua Fraksi Partai Golkar dipimpin Yod Mintaraga.

“Muhamad Sidkon sebagai Ketua Fraksi PKB. Asep Wahyuwijaya sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat, Ketua Fraksi PAN Herry Dermawan, dan Tia Fitriani sebagai Ketua Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia,” tutur Ika dalam pembacaan pengumuman susunan pimpinan fraksi DPRD Jawa Barat itu.***

Bagikan: