Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sebagian berawan, 20.8 ° C

Muatan Lebihi Dimensi Kendaraan, Dishub Kota Cimahi Tindak Angkutan Barang

Ririn Nur Febriani
null
null

CIMAHI, (PR).- Dinas Perhubungan Kota Cimahi menemukan sejumlah kendaraan angkutan barang yang melebihi dimensi dalam pelaksanaan ramp check atau pemeriksaan kendaraan di Rest Area 125 Tol Purbaleunyi, Cibeber Kota Cimahi, Selasa, 10 September 2019. Hal tersebut harus ditertibkan dengan dikembalikan ke kondisi semula karena kelebihan kapasitas dapat membahayakan kendaraan dan memicu kecelakaan lalu lintas.

"Kita menemukan kendaraan angkutan barang yang muatannya melebihi standar. Kalau ada yang over dimensi kita beri tanda agar dipotong sesuai aturan," ujar Kepala Dishub Kota Cimahi Yanuar Taufik didampingi Kasi Angkutan Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang.

Dalam pemeriksaan kendaraan tersebut, petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Polres Cimahi serta unsur TNI memeriksa puluhan kendaraan angkutan barang dan angkutan umum. Setelah dilakukan pemeriksaan, ada sejumlah kendaraang angkutan barang besar yang kedapatan over dimensi. Hal itu diketahui setelah petugas gabungan melakukan pengukuran yang disesuaikan dengan keterangan buku kendaraan tersebut.

Setelah dilakukan pengukuran, kendaraan kategori besar itu diberikan tanda berupa coretan pilok berwarna hitam pada bagian yang memang harus dipotong oleh pemiliknya. "Selain kita kasih tanda supaya dipotong, kita juga berikan sanksi tilang. Jika dibiarkan bisa dimanfaatkan untuk menambah beban angkutan. Padahal, sudah tidak sesuai standar dan berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas," ucapnya.
 

Ia menjelaskan, pemeriksaan kendaraan angkutan barang dan angkutan umum ini untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh ketidaklaikan kendaraan seperti rem tidak berfungsi dan sebagainya. Selain itu, kelengkapan surat berkendaraan turut diperiksa. Dalam beberapa waktu terakhir, terjadi kecelakaan maut di ruas Tol Cipularang yang diduga karena kendala teknis kendaraan.

Hal serupa terjadi pada hari yang sama. Kecelakaan juga terjadi di ruas jalan tol yang sama dengan lokasi kecelakaan maut sebelumnya. "Akhir-akhir ini banyak sekali kejadian karena masalah teknis kendaraan yang tak laik jalan. Mudah-mudahan dengan pemeriksaan ini kendaran laik jalan dan yang tidak laik kita tunda keberangkatannya," pungkas Yanuar.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar menambahkan, pihaknya rutin melakukan kegiatan serupa. Tujuannya untuk mengeliminir kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan tol. "Kegiatan ini untuk mengeliminir terjadinya kecelakaan di ruas jalan tol," jelasnya.

Selain di ruas jalan tol, pihaknya juga rutin melaksanakan pemeriksaan serupa ruas jalan umum. Jika ditemukan kendaraan yang memang tidak laik jalan, pihaknya akan melarang kendaraan tersebut masuk ke ruas jalan tol. "Apabila ditemukan yang overload maupun over dimensi, kami akan melarang kendaraan tersebut masuk jalan tol dan dikenakan tilang," tegasnya.***

 

Bagikan: