Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 20.5 ° C

Calon pimpinan DPRD Kota Cimahi Ditetapkan, PKS Ajukan Achmad Zulkarnaen Sebagai Ketua DPRD Kota Cimahi

Ririn Nur Febriani
SUASANA rapat paripurna penetapan calon pimpinan DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024, di gedung DPRD Kota Cimahi .*/ RIRIN NUR FEBRIANI/PR
SUASANA rapat paripurna penetapan calon pimpinan DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024, di gedung DPRD Kota Cimahi .*/ RIRIN NUR FEBRIANI/PR

CIMAHI, (PR).- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selaku partai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 Kota Cimahi mengajukan Achmad Zulkarnaen sebagai calon Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024. Jajaran calon pimpinan dan fraksi DPRD Kota Cimahi akan diajukan untuk mendapat Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat.

Hal itu ditetapkan dalam rapat paripurna penetapan calon pimpinan DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024, di gedung DPRD Kota Cimahi Jalan Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi,  Senin 9 September 2019 malam.

Unsur pimpinan DPRD Kota Cimahi 2019-2024 terdiri dari Achmad Zulkarnain dari PKS sebagai Ketua DPRD, serta Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi Bambang Purnomo dari Partai Gerindra, Purwanto dari PDIP dan Rini Marthini dari Partai Demokrat.

DPRD Kota Cimahi dipastikan terdiri dari delapan fraksi. Yakni Fraksi PKS akan dipimpin Wahyu Widyatmoko, Fraksi Partai Gerindra akan dipimpin Ahmad Dahlan, Fraksi PDIP akan dipimpin Yus Rusnaya.

Kemudian Fraksi Partai Demokrat akan dipimpin Edi Kanedi, Fraksi Partai Golkar akan dipimpin Abdul Mahfuri, Fraksi Partai NasDem akan dipimpin Sobari.

Juga terdapat empat parpol yang bergabung menjadi dua fraksi, yaitu Fraksi PPP-PAN yang diketuai Agus Solihin serta Fraksi PKB-Partai Hanura yang dipimpin Dede Latif.

"Daftar calon pimpinan dan pembentukan fraksi ini langsung diusulkan ke Gubernur Jabar untuk mendapatkan SK. Paling lama itu diproses selama 15 hari," ujar Sekretris DPRD Kota Cimahi Teddy Setiadi.

Setelah SK didapat dari Gubernur, maka akan dilanjutkan dengan rapat paripurna penetapan unsur pimpinan definitif serta unsur fraksi.

"Kalau SK-nya sudah keluar kita langsung rapat paripurna penetapan," katanya.

Setelah unsur ketua definitif dan fraksi disahkan, maka para wakil rakyat itu akan langsung membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) seperti Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Komisi dan sebagainya.

"Setelah itu akan dilanjutkan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan," ucapnya.

Pimpinan Sementara DPRD Kota Cimahi Wahyu Widyatmoko mengatakan, pihaknya berharap SK unsur pimpinan definitif dan fraksi segera diproses. Sebab, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan DPRD Kota Cimahi terutama pembahasan APBD Kota Cimahi 2020 yang harus segera dirampungkan.

"Iya kita berharap secepatnya. Kita kan harus langsung bekerja membahas anggaran dan sebagainya," ungkapnya.***

 

Bagikan: