Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 21.2 ° C

Atasi Kekeringan, Ratusan Pohon Ditanam di Arcamanik

Mochammad Iqbal Maulud
DANDIM 0618/BS Kolonel (Inf) M. Herry Subagyo saat menanam pohon di Jalan Golf Selatan, Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung pada Selasa 10 September 2019 dalam rangka penghijauan.*/MOCHAMMAD IQBAL MAULUD/PR
DANDIM 0618/BS Kolonel (Inf) M. Herry Subagyo saat menanam pohon di Jalan Golf Selatan, Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung pada Selasa 10 September 2019 dalam rangka penghijauan.*/MOCHAMMAD IQBAL MAULUD/PR

BANDUNG, (PR).- Puluhan Anggota Kodim 0618/BS dibantu Gober dan petugas kelurahan melakukan penanaman ratusan batang pohon. Penanaman ini dilaksanakan di Jalan Golf Selatan, Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung pada Selasa 10 September 2019.

Dandim 0618/BS Kolonel (Inf) M. Herry Subagyo menyatakan penanaman pohon ini adalah untuk mengatasi kekeringan disaat musim kemarau. Menurut dia, dengan penanaman ini cadangan air bagi masyarakat sekitar bisa tertangani dengan baik.

"Program penghijauan di lokasi ini adalah lanjutan dari program yang dilaksanakan oleh Kodam III/Siliwangi beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Kasdam III/Siliwangi Brigadir Jenderal TNI Dwi Jati Utomo juga menanam pohon di lokasi ini," kata Herry.

Herry juga menyampaikan di lokasi ini, setidaknya 150 batang pohon ditanam secara bersamaan, Harapannya selain penyerapan air, juga pencegahan banjir yang sebelumnya pernah terjadi di sekitar lokasi ini. "Rencananya penanaman ini pun akan dilakukan juga di masing-masing koramil yang ada di bawah lingkup, Kodim 0618/BS," katanya.

Herry juga menyampaikan untuk tahap awal, Kodim 0618/BS akan berupaya melakukan penghijauan dengan menanam pohon sebanyak 4000 batang. Meski demikian akan ada tahap-tahap selanjutnya sehingga puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu pohon bisa ditanam di Kota Bandung.

Selain penghijauan ke depan Kodim 0618/BS juga akan membuat program-program yang berkenaan dengan lingkungan lainnya. Semisal dengan pemanfaatan biopori di wilayah-wilayah yang kerap terjadi banjir di Kota Bandung, semisal wilayah Gedebage.

"Ada program tersendiri mengenai biopori ini, tentunya. masih melibatkan berbagai elemen masyarakat. Semisal dari Gober, Karang Taruna termasuk anggota kepolisian Linmas dan lainnya," kata Herry.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Tanu Wijaya menyatakan sangat mengapresiasi dengan penanaman pohon di sekitar kediamannya. Menurut dia, di sekitaran lokasi jika hujan besar pernah terjadi banjir, karenanya dengan penanaman ini diharapkan air bisa tertampung.

"Mudah-mudahan banjir tidak akan terjadi lagi di wilayah ini, diharapkan juga program-program lainnya akan dikembangkan di daerah sini. Terutama program-program yang berkenaan dengan pelestarian lingkungan," kata Tanu menambahkan.

Hal senada dikatakan oleh Tini Wartini (50) yang mengapresiasi penanaman pohon tersebut. Menurutnya hal ini cukup baik mengingat tanah di lokasi sudah mulai gersang dan kurang pepohonan.

"Mudah-mudahan dengan penanaman pohon ini udara di sekitar rumah saya menjadi lebih baik. Apalagi di lokasi penanaman ini ada aliran sungai yang bisa mendukung kesuburan tanah yang telah ditanami pohon dari berbagai jenis itu," katanya.***

Bagikan: