Pikiran Rakyat
USD Jual 14.034,00 Beli 14.132,00 | Umumnya berawan, 30 ° C

Titik O Itu Bernama Situ Cisanti

Armin Abdul Jabbar
WARGA mengambil air dari mata air Citarum  yang berlokasi di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Sabtu 7 September 2019. Kualitas air yang baik dan bersih dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
WARGA mengambil air dari mata air Citarum yang berlokasi di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Sabtu 7 September 2019. Kualitas air yang baik dan bersih dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Situ Cisanti merupakan titk O Citarum atau  Hulu Sungai Citarum, yang terkenal sebagai salah satu sungai terbesar di Jawa Barat. Walau Sungai Citarum sempat ramai dengan berbagai limbahnya, namun Situ Cisanti tetap terjaga asri.

Bahkan keindahan Situ Cisanti cukup dikenal di kalangan wisatawan. Tiap minggunya banyak wisatawan lokal Bandung yang berkunjung ke sana. Sebagian lainnya datang dari luar daerah.

Situ Cisanti yang bagaikan "Nadi Jawa Barat" tersebut letaknya dikelilingi sejumlah gunung.  Di antaranya Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Bedil, dan Gunung Rakutak. Sehingga hutan eukaliptus dengan jejeran pohon yang tinggi dan kulit batangnya yang mulus tersebut sangat jarang sekali ditemui di perkotaan.

Air yang jernih di Situ Cisanti dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Termasuk kegiatan ibadah, seperti berwudhu dengan menggunakan air Situ Cisanti. Kualitas air yang baik dan bersih sehingga dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari lainnya. 

Seiring ada gerakan Citarum Harum, seluruh elemen masyarakat pun makin melirik Situ Cisanti. Satgas  Citarum Harum pun berpatroli di  hulu sungai Citarum yang berlokasi di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Sabtu 7 September 2019. Kegiatan yang dilakukan selama 3 kali dalam sehari ini sebagai upaya memantau aktivitas pengunjung maupun warga yang bisa merusak kondisi kawasan tersebut.

Di ujung Situ Cisanti terdapat mata air, kondisi yang bersih dan kualitas air yang baik tersebut dimanfaatkan warga sekitar sebagai sumber kebutuhan air rumah tangga sehari hari.***
 

Bagikan: