Pikiran Rakyat
USD Jual 13.986,00 Beli 14.084,00 | Umumnya cerah, 33 ° C

Kompensasi Blackout Listrik Wilayah Pelayanan PLN UP3 Cimahi Capai Rp 18 Miliar

Ririn Nur Febriani
ILUSTRASI pemadaman listrik.*/ANTARA
ILUSTRASI pemadaman listrik.*/ANTARA

CIMAHI, (PR).- PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi mengucurkan anggaran hingga Rp 18 miliar sebagai kompensasi kepada pelanggan atas kejadian blackout atau padam listrik massal pada awal Agustus 2019. Kompensasi tersebut diberikan pada pelanggan layanan energi listrik PLN baik prabayar maupun pascabayar di wilayah pelayanan sesuai aturan berlaku.

Hal itu diungkapkan Manajer PLN UP3 Cimahi Ansats Pram Andreas Simamora, Jumat, 6 September 2019. 

"Untuk pelayanan wilayah Kota Cimahi dan KBB kompensasinya sampai Rp 18 miliar berdasarkan rumus penghitungan terhadap pelanggan yang terdampak," ujarnya.

Penyaluran kompensasi tersebut mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 27 tahun 2017 tentang Standar Mutu Pelayanan. Dalam Permen ESDM tersebut memuat soal lama padam, jumlah kali padam, dan kriteria lainnya sebagai dasar penghitungan besaran kompensasi bagi pelanggan yang terdampak blackout.

"Misalnya lama padam 5 jam, akan mendapat kompensasi kalau pemadamannya 110 persen dari 5 jam yaitu 5,5 jam. Jadi kalau ada pelanggan yang padam lebih dari 5 jam, akan mendapatkan kompensasi," tuturnya.

Dalam proses

Saat ini pihaknya sudah melakukan proses penggantian kerugian bagi para pelanggan. Besaran kompensasi bagi pelanggan nonsubsidi sebesar 35 persen sedangkan untuk pelanggan subsidi sekitar 20 persen.

Pelanggan bisa melakukan pengecekan besaran nilai kompensasi yang diterima. Untuk mengeceknya, cukup dengan mengunjungi situs www.pln.co.id dan melanjutkan akses ke info kompensasi uji.

Akan tetapo, apabila angka kompensasinya tidak muncul, misalnya karena melakukan pembayaran di ATM, tetap bisa melakukan pengecekan di situs PLN, kemudian di paling bawah ada riwayat tagihan listrik dan token. Apabila pelanggan tidak memiliki akses internet, ponsel, dan sebagainya dapat menghubungi contact center PLN di 123.

Penggantian atau kompensasi bagi pelanggan pascabayar maupun prabayar bisa dicek di struk maupun token pembayaran atau pembelian listrik.

"Untuk pelanggan prabayar bentuknya kwh atau energi listri, kalau pascabayar itu nanti ada pengurangan tagihan yang dirasakan di bulan September ini," tuturnya.***

Bagikan: