Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20 ° C

Jelang Pembangunan Tol Gedebage-Majalaya, Harus Pelebaran Jalan Dulu

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI perbaikan jalan.*
ILUSTRASI perbaikan jalan.*

SOREANG, (PR).- Jelang dibukanya akses Tol Gedebage-Majalaya, Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), Pemerintah Kabupaten Bandung harus segera mempersiapkan infrastruktur. Di antaranya persiapan infrastruktur pembangunan jalan baru atau pelebaran jalan di Kecamatan Majalaya, Paseh, Ibun dan Kecamatan Solokanjeruk. 

"Yang harus diperhatikan itu pelebaran Jalan Majalaya-Rancaekek. Pasalnya, rencana dibukanya akses Tol Gedebage-Majalaya itu, diperkirakan akan bersentuhan dengan akses Jalan Majalaya-Rancaekek. Sehingga akses jalan itu harus segera dipelebar, minimal bisa dibangun dua jalur," kata tokoh masyarakat Kecamatan Majalaya Asep Gunawan di Desa Majakerta Kecamatan Majalaya, Rabu 4 Septemper 2019.

Menurutnya, jika tak ada pelebaran, dan akses Tol Gedebage-Majalaya nantinya betul-betul terealisasi, akan menimbulkan kemacetan lalu lintas. "Pelebaran Jalan Raya Majalaya-Rancaekek, dan di sejumlah ruas jalan di kawasan Kota Majalaya harus menjadi perhatian dalam kesiapan akses jalan Tol Gedebage-Majalaya benar-benar terbangun," kata Asep.

Sebenarnya, imbuh Asep, masyarakat Majalaya dan sekitarnya sangat menyambut baik dengan adanya wacana pembangunan Tol Gedebag-Majalaya. Pasalnya, dapat mendongkrak ekonomi masyarakat. 

"Termasuk para pengusaha industri tekstil di Majalaya sangat menyambut baik. Pasalnya, sangat menguntungkan dalam akses pemasaran produksi maupun pemasokan bahan baku tekstil," katanya. 

Masih sempit

Ia pun berharap, rencana akses pembangunan jalan baru dari Cidawolong Jalan Raya Laswi Desa Biru Kecamatan Majalaya melintasi Desa Mekarsari Kecamatan Ciparay dan tembus ke Jalan Anyar Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk harus segera dibangun. 

"Bahkan akses Jalan Majalaya-Sapan-Gedebage juga harus ada pelebaran. Selain itu, akses Jalan Majalaya-Cicalengka, Jalan Raya Laswi, Jalan Raya Ibun-Kamojang. Bahkan akses Jalan Sudi-Mekarwangi Kecamatan Ibun harus diperlebar, yang saat ini kondisinya sempit. Sejumlah akses jalan tersebut sebagai daya dukung disaat pembangunan Tol Gedebage-Majalaya benar-benar direalisasikan dalam pembangunannya," paparnya kepada wartawan Galamedia, Engkos Kosasih. 

Asep juga menilai adanya wacana pembangunan Tol Cigatas pun akan berdampak pada arus lalulintas di Majalaya dan sekitarnya. "Bahkan pembangunan kereta api cepat Bandung-Majalaya, juga akan berdampak pada perkembangan di Majalaya. Pasalnya, stasiun kereta api cepat dikabarkan dibangun di Gedebage berdekatan dengan Majalaya yang jaraknya mencapai 17 km," katanya. 

Lebih lanjut Asep mengatakan, persiapan pembangunan infrastruktur dalam berbagai sektor itu, juga dalam persiapan jelang pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Bandung Timur (KBT) dari pemekaran induknya Kabupaten Bandung harus mempersiapkan infrastruktur di wilayah timur Kabupaten Bandung.

"Persiapan infrastruktur harus menjadi fokus perhatian sejumlah pihak. Disaat DOB KBT terbentuk, dari sekarang persiapan infrastruktur sudah dipersiapkan," katanya.***
 

Bagikan: