Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Pasutri di Cimahi "Bersaing" Jadi Pimpinan Dewan

Hendro Susilo Husodo
*/DOKUMENTASI PRIBADI
*/DOKUMENTASI PRIBADI

CIMAHI, (PR).- Duduk sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cimahi, Bambang Purnomo dan Irma Indriyani terpilih sebagai anggota DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024. Pasangan suami istri itu pun sama-sama berpeluang menjadi pimpinan dewan, karena Gerindra jadi salah satu partai peraih kursi terbanyak.

Bambang mengatakan, Gerindra mengusulkan dua nama, yakni dirinya dan istrinya untuk posisi Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024. Dengan tujuh kursi yang diraih Gerindra di Pileg 2019, maka partai berlambang kepala burung garuda itu menjadi partai peraih kursi terbanyak di Cimahi.

"Kami meraih tujuh kursi, Gerindra sama dengan PKS. Namun, untuk Ketua Dewan, insyaallah dipastikan dari PKS. Soalnya, walaupun kursinya sama-sama tujuh, perolehan suara secara keseluruhan itu PKS lebih banyak dari Gerindra," kata Bambang, saat dihubungi, Kamis, 22 Agustus 2019.

Meski begitu, untuk keputusan mengenai siapa yang ditunjuk sebagai pimpinan DPRD Cimahi dari Gerindra, Bambang dan Irma masih harus menunggu keputusan dari pengurus partai di pusat. "Kalau untuk pelantikan, rencananya itu pada 26 Agustus di DPRD Cimahi," ujar bapak dari dua anak itu.

Bambang menceritakan, perjalanan kariernya di kancah politik dimulai sejak 2008, atau ketika Gerindra didirikan oleh Prabowo Subianto. Bersama istrinya yang dinikahi pada 1996, wiraswasta asal Jakarta ini pun mulai belajar politik di Gerindra, hingga akhirnya menjadi pengurus partai itu di Cimahi.

"Sebelumnya kami enggak pernah berpolitik. Kami berwiraswasta di Jakarta, tapi sejak ada Partai Gerindra, karena saya lahir di Cimahi, saya belajar politik di Gerindra bersama Ibu (Irma). Bu Irma juga berprofesi sebagak dokter, biar bisa sekalian terjun buat pengabdian ke masyarakat," katanya.

Pada Pileg 2014, Bambang dan Irma langsung mencalonkan diri di Cimahi. Namun, ketika itu cuma Bambang yang lolos menjadi anggota DPRD periode 2014-2019. Pada perhelatan Pilkada Kota Cimahi 2017, Irma pun maju sebagai calon wali kota, tapi kalah oleh pasangan Ajay M Priatna-Ngatiana yang diusung oleh PDI Perjuangan.

"Terus mencalonkan lagi sebagai anggota DPRD Cimahi pada tahun ini, alhamdulillah dapat takdir dari Allah, kami beruntung, Ibu ikut terpilih. Saya maju di Dapil 5 (Kelurahan Baros, Karangmekar, dan Cigugur Tengah), sedangkan Ibu di Dapil 3 (Kelurahan Melong dan Cibeureum)," katanya.

Bersama istrinya, Bambang mengaku bakal bekerja secara normatif di legislatif, yang memiliki tiga fungsi yaitu legislasi, anggaran, dan pengawasan. Yang berbeda, dia dapat lebih mudah berdiskusi dengan anggota dari fraksi yang sama, yakni istrinya sendiri. 

"Harapan kami sebagai anggota DPRD, sekarang Cimahi yang sudah baik semoga ke depan bisa lebih baik lagi, dari unsur pendidikan, kesehatan, dan lain-lain, yang memang menjadi harapan masyarakat Cimahi yang heterogen. Aspirasi masyarakat yang heterogen itu bisa disampaikan ke dewan, melalui perwakilannya di Dapil masing-masing," tukasnya.***

Bagikan: